Breaking News:

Lagi, 10 Roket Hantam Pangkalan AS di Irak

Roket-roket itu menghantam pangkalan udara Ain al-Asad pukul 7.20 waktu setempat, tetapi tidak menyebabkan kerugian yang signifikan.

Editor: Vito
Wikimedia Common
ilustrasi serangan roket 

TRIBUNJATENG.COM, BAGHDAD - Sejumlah roket menghantam pangkalan udara Ain al-Asad di Provinsi Anbar, Irak pada Rabu (3/3). Pangkalan udara itu menampung pasukan Amerika Serikat (AS), pasukan koalisi, dan pasukan Irak.

Serangan tersebut dilaporkan oleh dua orang sumber keamanan, sebagaimana dilansir dari Reuters. Dua sumber itu mengatakan, sejauh ini tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Dilansir dari Associated Press, pasukan koalisi mengatakan, setidaknya 10 roket menghantam pangkalan udara tersebut.

Roket-roket itu menghantam pangkalan udara Ain al-Asad pukul 7.20 waktu setempat, kata juru bicara Kolonel Wayne Marotto.

Militer Irak mengeluarkan pernyataan yang menyebut bahwa serangan itu tidak menyebabkan kerugian yang signifikan.

Mereka menambahkan, pasukan keamanan telah menemukan lokasi peluncuran roket-roket tersebut.

Marotto menyatakan, pasukan keamanan Irak sedang memimpin penyelidikan atas serangan terhadap pangkalan udara Ain al-Asad.

Serangan itu terjadi dua hari sebelum Paus Fransiskus mengunjungi Irak pada 5 Maret. Paus Fransiskus bakal tetap mengunjungi Irak, meski kondisi keamanan dilaporkan memburuk di beberapa wilayah.

Sebelumnya pada 16 Februari, serangan roket terhadap pasukan pimpinan AS di Irak utara menewaskan seorang kontraktor sipil dan melukai seorang anggota layanan AS.

AS secara signifikan mengurangi kehadiran pasukannya di Irak pada 2020 di bawah pemerintahan mantan Presiden AS Donald Trump.

Pasukan AS yang ditarik pulang berbasis di beberapa lokasi di Irak sebagaimana dilansir dari Al Jazeera. (Kompas.com)

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved