Breaking News:

Berita Karanganyar

Nasib Anak-anak Karanganyar Bisa Kembali Sekolah Tergantung Satgas Covid

Keputusan memulai Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pasca vaksinasi di Kabupaten Karanganyar tergantung Satgas Covid-19.

Tribun Jateng/ Agus Iswadi
Sekretaris Disdikbud Karanganyar, Nurini Retno Hartati. 

Penulis: Agus Iswadi

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Keputusan memulai Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pasca vaksinasi di Kabupaten Karanganyar tergantung Satgas Covid-19.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Karanganyar, Nurini Retno Hartati menyampaikan, dinas telah melakukan rapat koordinasi dengan kepala sekolah se-Kabupaten Karanganyar secara daring pada pekan lalu. 

"Pembinaan dari kepada dinas juga, kita sewaktu-waktu harus siap sekolah (tatap muka). Dalam hal kurikulum, lingkungan dan sarpras pendukungnya," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Rabu (3/3/2021). 

Pengawas di masing-masing wilayah juga melakukan monitoring sekolahan di masing-masing wilayah terkait persiapan yang dilakukan sebelum dimulai PTM.

Menurutnya, sekalipun persiapan sudah dilakukan dan vaksinasi sudah menyasar jajaran pendidikan di Karanganyar, keputusan untuk memulai PTM tetap tergantung Satgas Covid-19.  

"Pelaksanaan tatap muka tergantung keputusan dari Satgas. Persiapan insyaallah siap," ucapnya. 

Di sisi lain, jajaran lingkup pendidikan baru pegawai dinas serta Korwil dan pengawas yang sudah didata sebagai sasaran vaksinasi.

Sedangkan pendataan para guru di masing-masing wilayah saat ini masih berproses. Lanjutnya, pendataan guru dilakukan petugas puskesmas di masing-masing kecamatan. 

"Data sudah kita sampaikan ke Dinkes. Sesuai surat dari Dinkes, yang didata dari OPD dulu. Termasuk Korwil, dan pengawas. Dari dinas yang diajukan ada 243 orang. Sedangkan guru-guru di lingkungan kecamatan yang mendata puskesmas setempat," ungkap Nurini. 

Dia menuturkan, pembelajaran tetap dilakukan secara daring selama menunggu keputusan dimulainya PTM.

"Kita masih mengoptimalkan daring. kurikulum tidak ditarget," jelasnya. 

Terpisah, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar, Purwati menambahkan, dinas kesehatan tetap mengacu pada instruksi dari pusat terkait sasaran vaksinasi yang diprioritaskan.

Seperti yang telah dilakukan dalam vaksinasi tahap pertama di mana nakes menjadi sasaran vaksinasi dan petugas pelayanan publik menjadi sasaran vaksinasi tahap kedua.

"Dinas menunggu instruksi, dapat vaksin untuk sasaran mana dulu," imbuhnya. 

Penulis: Agus Iswadi
Editor: Daniel Ari Purnomo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved