Breaking News:

Berita Temanggung

Program TMMD Sengkuyung Temanggung 2021 Digelontor Rp 751 Juta

Program TMMD Sengkuyung Tahap I Kab Temanggung 2021 di Dusun Gemawang dimulai.

Penulis: Saiful Ma'sum | Editor: sujarwo
Istimewa
Penyerahan simbolis rehabilitasi rumah oleh Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo dalam program TMMD Sengkuyung I 2021, Selasa (2/3/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, TEMANGGUNG - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I Kabupaten Temanggung 2021 di Dusun Gemawang, Desa Purwosari, Kecamatan Kranggan dimulai. Program kegiatan para TNI bersinergi dengan masyarakat itu berlangsung selama 1 bulan terhitung 2-31 Maret. 

Dalam TMMD kali ini, dana Rp 751 juta digelontorkan untuk mendukung beberapa kegiatan fisik dan non fisik. Rinciannya, Rp 251 juta dari APBD Provinsi Jawa Tengah, dan Rp 500 juta bersumber dari APBD kabupaten.

Beberapa sasaran kegiatan TMMD Sengkuyung kali ini meliputi pembangunan betonisasi jalan sepanjang 785 meter, pembangunan senderan sepanjang 100 meter tinggi 1,5 meter, pembuatan gorong- gorong sepanjang 5 meter, dan rehabilitasi 1 unit rumah bantuan dari Baznas Temanggung.

Sedangkan sasaran non fisik di antaranya, sosialisasi pencegahaan Covid-19, sosialisasi wawasan kebangsaan, sosialisasi Undang-undang Lalu Lintas, layanan KB, dan pemberian bibit tanaman keras dan tanaman buah.

Bupati Temanggung, M Al Khadziq mengatakan, sinergitas dan kemanunggalan TNI dengan rakyat serta pemerintah daerah dan desa melalui TMMD menjadi kekuatan luar biasa untuk memajukan desa.

TMMD juga berperan aktif dalam menggali dan mendayagunakan potensi, juga mengatasi berbagai permasalahan yang muncul di tengah masyarakat.

Selain itu, kata Khadziq, TMMD merupakan bagian dari cara merawat, mengikat kebersamaan agar tetap gotongroyong dalam mengatasi persoalan-persoalan.

"Sejarah mengajarkan bahwa semangat kebersamaan, kegotongroyongan serta persatuan dan kesatuan merupakan senjata ampuh bangsa Indonesia dalam menghadapi permasalahan dan tantangan," katanya saat menghadiri pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap I Temanggung 2021, Selasa (2/3/2021).

Khadziq juga mengajak masyarakat Temanggung agar senantiasa menggelorakan semangat kolektifitas dan persatuan untuk membangun sarana dan prasarana fasilitas umum dan fasilitas sosial yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat. Khususnya dalam rangka mendorong peningkatan ekonomi masyarakat, kesehatan lingkungan dan memantapkan kerukunan warga.

"Kami berharap program TMMD kali ini bisa disisipkan program-program unggulan Kabupaten Temanggung sesuai program tahun 2021. Yaitu, mempercepat pemulihan ekonomi dan reformasi sosial melalui gerakan Mustika Desa," katanya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved