Breaking News:

Berita Kabupaten Tegal

TNI-Polri Wilayah Tegal Gelar Pelatihan SAR untuk Antisipasi Bencana Alam

Pada kegiatan kali ini, seluruh tim memperagakan bagaimana cara penyelamatan saat terjadi bencana alam seperti banjir

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Berlangsung latihan bersama dalam rangka meningkatkan sinergritas TNI-Polri di wilayah hukum Polres Tegal, berlokasi di area objek wisata Purwahamba Indah (Pur'in), Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Rabu (3/3/2021).

Pada kegiatan kali ini, seluruh tim memperagakan bagaimana cara penyelamatan saat terjadi bencana alam seperti banjir.

Bagaimana tim melakukan evakuasi warga, menyelamatkan warga yang terjebak di genangan air banjir, dan langkah apa saja yang dilakukan setelah berhasil membawa warga ke tepian atau tempat yang lebih aman.

Simulasi dilakukan dengan sedetail mungkin oleh seluruh tim baik dari Polres, Pangkalan Angkatan Laut (Lanal), dan Kodim 0712 Tegal.

Hadir untuk membuka kegiatan dan memantau peralatan yang digunakan saat simulasi, Kapolres Tegal, AKBP Muhammad Iqbal Simatupang, didampingi Kasdim 0712 Tegal, Mayor Cba Eko Budi Suharjo, dan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tegal, Letkol Mar Ridwan Azis.

Dalam pantauannya tersebut, Kapolres Tegal menjelaskan, tujuan kegiatan latihan SAR (Search and Rescue Unit) bersama ini untuk mengantisipasi jika terjadi bencana alam.

Mengingat saat ini intensitas hujan masih cukup tinggi, sehingga jika terjadi bencana alam seperti banjir, tanah longsor, angin kencang, angin puting beliung, dan lain-lain semua anggota dari TNI dan Polri sudah siap.

"Paling tidak nanti masing-masing tim sudah mengetahui apa tugas dan perannya. Jangan sampai ada kesalahan-kesalahan terjadi pada saat upaya penyelamatan," tegas AKBP Iqbal, pada Tribunjateng.com.

Adapun fokus atau materi utama pada kegiatan ini yaitu tentang penyelamatan dan evakuasi jika terjadi bencana alam banjir.

Ditanya mengenai peralatan yang digunakan apakah sudah memadai atau belum, AKBP Iqbal menyebut peralatan sudah memadai terutama untuk giat simulasi.

Perlatan yang dimaksud seperti perahu karet, pelampung, tali temali, tandu, alat elektronik untuk menemukan korban yang terjebak di air, dan lain-lain.

Sedangkan untuk peralatan lainnya, menurut Kapolres Tegal sudah tersimpan dan tersedia di kantor masing-masing dalam kondisi siap pakai.

Sementara itu, Kasdim 0712 Tegal, Mayor Cba Eko Budi Suharjo, mengimbau kepada seluruh tim untuk menjaga faktor keamanan dan keselamatan.

Tidak lupa faktor kebersamaan juga harus dijaga dengan baik. Karena latihan bersama, maka diharapkan bisa dilaksanakan semaksimal mungkin.

"Jaga keselamatan dan kebersamannya, para anggota yang masih baru dan pertama kali melakukan latihan bersama terlebih menggunakan peralatan yang ada, bisa menimba ilmu atau bertanya kepada para senior nya," imbuh Kasdim Eko Budi. (dta)

Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved