Breaking News:

Penanganan Corona

Lansia di Karanganyar Akan Menjadi Sasaran Vaksinasi Covid-19

Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar telah mendapatkan 1.000 vial atau 10 ribu dosis untuk vaksinasi para lansia

TribunJateng.com/Agus Iswadi
Petugas puskesmas saat mengambil vaksin di Kantor DKK Karanganyar, Kamis (4/3/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar telah mendapatkan 1.000 vial atau 10 ribu dosis untuk vaksinasi para lansia.

Berdasarkan data yang dihimpun Tribunjateng.com, lansia yang akan menjadi sasaran vaksinasi di Kabupaten Karanganyar ada sebanyak 137.117 orang.

Pantauan di Kantor DKK Karanganyar, petugas puskesmas di 17 kecamatan terlihat sedang antre mengambil dosis vaksin yang akan digunakan untuk penyuntikan nakes di masing-masing wilayah.

Plt Kepala DKK Karanganyar, Sundoro menyampaikan, dinas telah mengambil 1.000 vial atau 10 ribu dosis ke Dinas Kesehatan Provinsi Jateng kemarin.

Sedangkan pendistribusiannya dilakukan hari ini. Dosis vaksin itu hanya digunakan untuk penyuntikan para lansia.

"Pendataan lansia kita kerja sama dengan Disdukcapil. Kita kroscek data kami dengan data mereka," kata saat dihubungi Tribunjateng.com, Kamis (4/3/2021).

Sekretaris DKK Karanganyar, Purwati menjelaskan, vaksin yang diterima dinas terbatas hanya 10 ribu dosis. Sehingga vaksinasi diprioritaskan kepada lansia yang wilayahnya terdapat banyak kasus Covid-19.

Dinas mentargetkan penyuntikan para lansia selesai pada pekan depan. Petugas puskesmas dapat bekerja sama dengan klinik setempat yang telah mendapatkan pelatihan vaksinator.

"Vaksinasi bisa dilakukan di balai desa, bisa juga di puskesmas. Tergantung kondisi masing-masing wilayah. Kalau jemput bola belum bisa tapi pendekatan layanan seperti di balai desa. Kriteria lansia 60 tahun ke atas," ungkapnya.

Sementara itu Kepala Puskesmas Tawangmangu Wahyudi Wibowo menambahkan, sasaran vaksinasi untuk lansia ada 460 orang. Lantaran dosis yang diterima terbatas, sasaran vaksinasi lansia difokuskan di wilayah Karanglo terlebih dahulu karena jumlah kasus Covid-19 yang tercatat cukup banyak.

"Penyuntikan harusnya besok tapi kan masih ada nakes yang belum selesai. Jadi kemungkinan dimulai Senin pekan depan," ucapnya.

Vaksinasi akan dilakukan di Puskesmas Tawangmangu. Pihak puskesmas sudah berkoordinasi dengan perangkat desa setempat supaya mengatur jadwal kedatangan sehingga tidak ada kerumunan.

"Teknis dari desa membagi shifnya kemudian diantar perangkat desa. Kalau punya keluarga ya diantar keluarga. Tapi jamnya diatur dan dijadwal oleh perangkat desa," tutur Wahyudi. (Ais).

Penulis: Agus Iswadi
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved