Breaking News:

Berita Pati

Polres Pati Siagakan Ribuan Personel untuk Amankan Pilkades Serentak April 2021

Polres Pati menyiagakan ribuan personel untuk mengamankan jalannya Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Kabupaten Pati yang diikuti 219 desa.

Penulis: Mazka Hauzan Naufal

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Polres Pati menyiagakan ribuan personil untuk mengamankan jalannya Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Kabupaten Pati yang diikuti 219 desa, 10 April 2021 mendatang.

Total personel yang disiapkan ialah 1.603 anggota.

Jumlah tersebut termasuk 58 personil Satgas Anti Judi dan Politik Uang.

Hal tersebut dipaparkan Kapolres Pati AKBP Arie Prasetya Syafaat dalam forum Pemaparan Kesiapan Pengamanan Pilkades Serentak Gelombang I 2021, Kamis (4/3/2021).

Baca juga: MA Tolak Kasasi Jaksa, Pengusaha di Semarang Ini Lega Dinyatakan Bebas

Baca juga: Surat Az Zukhruf Lengkap Arab Latin dan Artinya

Baca juga: Komisi C DPRD Jateng Minta Bank Jateng Perhatikan Sarana dan Prasarana Kantor Cabang

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Sarja Arya Racana Polres Pati dan dihadiri oleh sejumlah pejabat Polda Jawa Tengah, antara lain Kepala Biro (Karo) Operasi (Ops) Kombes Firly Ruspang Samosir.

Jumlah 1.603 personel yang disiagakan tersebut terdiri atas 898 personel Polres Pati serta 705 personel Bawah Kendali Operasi (BKO) dari Brimob dan Dalmas Polda serta Polres tetangga.

AKBP Arie menambahkan, pihaknya juga disokong oleh personel Kodim Pati, Subdenpom Pati, Satpol PP, serta Linmas yang jumlah totalnya 2.674 personel.

Selain menyiagakan personel, Polres Pati juga akan melaksanakan sejumlah agenda untuk memastikan kondusifitas dalam setiap tahapan Pilkades.

“Antara lain setelah penetapan calon kepala desa 8 maret mendatang, kami sudah koordinasi dengan Dandim untuk melakukan apel Babinsa dan Babinkamtibmas di Stadion Joyokusumo. Ini sebagai show off force untuk menunjukkan kesiapan Polri dan TNI dalam mengamankan Pilkades,” ungkap dia.

Arie menambahkan, pihaknya juga akan menggelar penandatanganan deklarasi damai yang diikuti para calon Kades. Deklarasi damai ini akan dilaksanakan di tiap-tiap Eks-Kawedanan.

Baca juga: Video Nurul Tak Henti Menangis Bikin Geger Rombongan Bupati Pemalang

Baca juga: Modal Data Temuan BPK, Wartawan Gadungan Peras Pejabat Pemda Wonosobo

Baca juga: Bantuan Kuota Internet 2021 untuk PJJ Hanya Tiga Bulan, Dimulai Maret Ini

Berdasarkan pemetaan sementara, dari 219 desa yang mengikuti Pilkades serentak, Polres Pati memasukkan 50 desa di antaranya dalam kategori rawan. Kerawanan di sini antara lain diakibatkan situasi politik yang terjadi di sana, misalnya adanya bakal calon yang mencuri start kampanye.

“Jadi terkait kerawanan ini ada sejumlah kriteria. Polres sudah siapkan perencanaan, mana yang aman, mana yang rawan, sudah diinventarisasi. Kriteria rawan yang pertama, tentu dari situasi balon (bakal calon) dan para pendukung. Kemudian rawan bencana alam banjir. Selanjutnya rawan persebaran Covid-19,” papar Karo Ops Polda Jateng Kombes Firly Ruspang Samosir.

Firly menyadari, di setiap tahapan Pilkades, mulai pendaftaran sampai penetapan, pasti ada potensi kerawanan. Namun, ia meyakini Kapolres beserta jajarannya sudah menyiapkan strategi pengamanan khusus untuk mengantisipasinya. (mzk)

Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: rival al manaf
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved