Breaking News:

Berita Semarang

Satlantas Polrestabes Semarang Permudah Pembuatan SIM Bagi Disabilitas, Didik: Kami Tak Lagi Waswas

Penyandang disabilitas kini lebih mudah dalam proses pembuatan SIM di Satlantas Polrestabes Semarang. 

Istimewa
Satlantas Polrestabes Semarang mendata dan melatih para penyandang disabilitas dalam proses pembuatan SIM, di Kota Semarang, Sabtu (6/3/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Penyandang disabilitas di Kota Semarang kini lebih mudah dalam proses pembuatan SIM di Satlantas Polrestabes Semarang.

Satlantas Polrestabes Semarang mendata dan melatih para penyandang disabilitas dalam proses pembuatan SIM, di Kota Semarang, Sabtu (6/3/2021).
Satlantas Polrestabes Semarang mendata dan melatih para penyandang disabilitas dalam proses pembuatan SIM, di Kota Semarang, Sabtu (6/3/2021). (Istimewa)

Hal ini lantaran bagian dari program 100 hari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.  Program itu tentu disambut baik oleh para penyandang disabiltas di Kota Semarang. 

"Selama ini penyandang disabilitas urung mengurus SIM karena dipicu beberapa faktor dengan adanya kemudahan tersebut menjadi kabar baik bagi kalangan kami," jelas Ketua Yayasan Sahabat Satu Harapan Didik Sugiyanto  yang menaungi Roemah  Difabel dan Komunitas Sahabat Difabel. 

Dia menyebut, beberapa faktor yang membuat para  disabilitas enggan  membuat SIM lantaran kurangnya sosialisasi atau informasi pembuatan SIM masih minim. 

Dia mendapat keluhan dari disabilitas  berbagai daerah di Jateng banyak yang tidak lulus ketika berusaha mengurus SIM secara mandiri karena saat tes tidak berjalan lancar. 

Apalagi setiap daerah berbeda perlakuannya.  Semisal daerah A teman-teman disabilitas dipermudah dalam pembuatan SIM.  Sedangkan daerah B teman disabilitas dipukul rata atau disamakan dengan pemohon SIM berfisik normal. 

"Kami mohon adanya pelayanan khusus bagi penyandang disabilitas.  Kami harap terakomodir di program ini," paparnya kepada Tribunjateng.com. 

Dia meminta Satlantas Polrestabes Semarang menjaring sebanyak-banyaknya para teman disabilitas yang ingin membuat SIM.  Pasalnya mereka juga ingin taat terhadap hukum satu di antaranya memiliki SIM. 

"Kami para teman difabel kalau punya SIM kan tidak was-was lagi di jalan," ujarnya. 

Sementara Kasat Lantas Polrestabes Semarang AKBP Sigit di Semarang mengatakan, pembuatan SIM bagi penyandang disabilitas di Kota Semarang lebih mudah. 

Halaman
12
Penulis: iwan Arifianto
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved