Berita Regional

Usulan Tambah Exit Tol Yogyakarta-Bawen Tak Bisa Dipenuhi karena Penlok Sudah Ditetapkan

Kewenangan pemerintah DIY hanya bisa mengakomodasi terkait pengembangan wilayah di sekitar exit tol yang sudah ada.

Editor: m nur huda
skyscrapercity.com/Tribun Jogja
LUSTRASI Jalan Tol Bawen-Yogyakarta dan jalan Tol Solo-Yogyakarta 

TRIBUNJATENG.COM, YOGYA - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tidak dapat mengakomodasi usulan Komisi C DPRD DIY terkait penambahan exit tol Yogyakarta-Bawen.

Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Dispertaru) DIY Krido Suprayitno mengatakan, terkait penambahan exit tol di ruas Yogyakarta-Bawen menjadi kewenangan pemerintah pusat.

Kewenangan pemerintah DIY hanya bisa mengakomodasi terkait pengembangan wilayah di sekitar exit tol yang sudah ada.

"Kalau exit tol DED-nya sudah ada di Kementerian, kami tidak bisa mengupayakan itu karena penlok sudah ditetapkan," katanya, kepada Tribun Jogja, Jumat (5/3/2021).

Krido menjelaskan, upaya pengembangan exit tol Yogyakarta-Bawen akan dilakukan dan saat ini sudah masuk kajian tata letak.

"Yang masih memungkinkan pengembangan itu di Sumberejo, Kecamatan Tempel ya. Untuk mendukung pengembangan wilayah Joglosemar," jelas Krido.

Ia menambahkan, saat ini persiapan lahan untuk pengembangan exit tol sudah masuk tahap kajian.

Dirinya belum bersedia menjelaskan berapa luasan lahan yang disiapkan untuk pengembangan kawasan exit tol di Sumberejo itu.

Ditanya anggaran yang akan digunakan, ia menjawab sumber pendanaan bisa melalui APBD maupun APBN.

"Memang untuk mengantisipasi perkembangan kawasan Joglosemar saat ini kami mulai lakukan kajian pengembangan kawasan exit tol. Untuk berapa luasannya ya ini baru tahap awal kajian, sumbernya bisa APBD atau APBN," pungkasnya. (hda)

Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul Usulan Penambahan Exit Tol di Trase Yogyakarta-Bawen Tak Bisa Diakomodir

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved