Breaking News:

Tegal

Wisata Baru Grujugan Wagem Tegal Gratis

Kreatif, warga Desa Dukuh Sembung, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal menggunakan dana iuran untuk membuat tempat wisata yang bernama Grujugan Wagem.

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: Daniel Ari Purnomo

Penulis: Desta Leila Kartika

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Kreatif, warga Desa Dukuh Sembung, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal menggunakan dana iuran untuk membuat tempat wisata yang diberi nama Grujugan Wagem (Wadas Gempal). 

Dengan memanfaatkan lahan kosong di sepanjang aliran sungai Gung, warga membuat seperti area spot foto, taman kecil, kolam kecil, dan beberapa tempat duduk yang bisa digunakan untuk menikmati pemandangan sungai gung.

Sekaligus melihat pemandangan orang-orang yang sengaja datang ke lokasi untuk memancing.

Ide pembuatan wisata Grujugan Wagem, menurut salah satu warga Dukuh Sembung yang mengelola wisata, Wardiyanto, berawal dari warga yang sedang gotong royong membuat akses jalan menuju sungai Gung.

Seiring berjalannya waktu, akhirnya warga berinisiatif untuk sekalian membuat tempat wisata yang bisa dimanfaatkan tidak hanya bagi warga sekitar tapi juga masyarakat lain di Kabupaten Tegal.

"Wisata Grujugan Wagem sudah berjalan kurang lebih selama tiga bulan. Awalnya kami berniat membuat akses jalan ke sungai Gung, tapi warga akhirnya inisiatif untuk sekalian dibuat wisata. Semua dana dan lain sebagainya berasal dari iuran warga," tutur Wardiyanto, pada Tribunjateng.com, Minggu (7/3/2021). 

Wardiyanto menyebut, dana maupun peralatan yang dibutuhkan untuk membuat wisata Grujugan Wagem seperti cat, bambu, semen, pernak pernik lainnya semua berasal dari iuran warga.

Tidak hanya berupa uang, warga juga menyumbang material lainnya yang dibutuhkan.

Iuaran pun tidak dipatok atau ditentukan berapa nominal nya. Dengan kata lain seikhlas warga yang akan memberi bantuan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved