Breaking News:

Kudus

Wisatawan Bisa Nikmati Foto Tempo Dulu di Masjid Menara Kudus

Jejeran foto yang bergambar Kota Kudus tempo dulu terjejer rapi di ruang parkir sepeda motor Masjid Menara Kudus.

Penulis: Muhammad Yunan Setiawan | Editor: Daniel Ari Purnomo
Tribun Jateng/ Yunan
Jejeran foto yang bergambar Kota Kudus tempo dulu terjejer rapi di ruang parkir sepeda motor Masjid Menara Kudus. 

Penulis: Muhammad Yunan Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Jejeran foto yang bergambar Kota Kudus tempo dulu terjejer rapi di ruang parkir sepeda motor Masjid Menara Kudus.

Puluhan foto tersebut menyajikan gambaran Menara Kudus pada era duli. Ada Juga foto yang nemperlihatkan beberapa warga sedang pose di depan  bangunan gebyok khas Kudus.

Humas Masjid Menara Kudus Denny Nur Hakim mengatakan, foto tersebut dikumpulkan dari koleksi KITLV (lembagai ilmiah milik Belanda untuk meneliti di kawasan Asia Tenggara), ada juga milik koleksi pribadi.

Foto-foto tersebut ada yang dicetak ulang karena kualitas foto asli sudah tidak baik.

Dia menceritakan, ide awal menempatkan foto-foto tersebut untuk pameran foto Kudus tempo dulu pada sekira 2018.

Saat itu, kata dia, tidak diduga antusias masyarakat untuk melihat foto-foto tersebut sangat tinggi, terutama dari kalangan mahasiswa.

"Sekitar  ratusan orang yang mendatangi pameran saat itu. Tidak dikira ternyata banyak tertarik. Makanya sebagian foto masih dipasang di situ," kata Denny kepada Tribun Jateng, Minggu, (7/3/2021).

Dia menambahkan, awalnya ada ratusan foto yang dipasang. Namun saat ini yang tersisa hanya puluhan saja. Foto tersebut dipamerkan kepada pengunjung Sunan Kudus.

Menurutnya, pengunjung dari luar Kota Kudus yang tertarik foto-foto tersebut. Memang bagi pengunjung atau wisatawan yang ingin lebih tahu mengenai potret Kota Kudus pada awal abad 20, jejeran foto tersebut sangat membantu untuk menjawab rasa penasaran wisatan. Sayang kalau dilewatkan.

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved