Breaking News:

Berita Demak

Penggalangan Donasi Dihentikan, Bantuan Telah Disalurkan Ke Warga Timbulsloko Sayung Demak

Solidaritas Kemanusiaan resmi menghentikan penggalan donasi untuk warga Desa Timbulsloko, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, yanh beberapa lalu kesuli

Istimewa
Penyaluran bantuan donasi kepada Warga Desa Timbulsoko Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, untuk perbaikan jalan akses desa, Minggu (7/3/2021). 

Penulis: Muhammad Yunan Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Solidaritas Kemanusiaan resmi menghentikan penggalan donasi untuk warga Desa Timbulsloko, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, yang beberapa lalu kesulitan dana untuk perbaikan jalan.

Koordinator penggalangan donasi, Masnuah mengatakan,  penggalangan donasi mulai tanggal 1 Maret 2021 hingga 7 Maret 2021.

"Hasil donasi yang telah dikirimkan para donatur ke rekening Yayasan Paralegal Pertiwi dan secara cash dengan total sebesar Rp 8.500.000,- diberikan kepada Warga Dukuh Timbulsloko pada tanggal 7 Maret 2021 pukul 15.00 WIB untuk dapat dipergunakan pembangunan jalan Dukuh Timbulsloko,Desa Tenggelam, yang penyelesaiannya masih kurang 40%," katanya kepada Tribun Jateng, Minggu, (7/3/2021).

Dia mengucapkan terimakasih untuk para donatur yang telah turut serta dalam kegiatan kemanusiaan. 

"Kami mendesak pemerintah untuk segera hadir memulihkan desa-desa pesisir di Indonesia yang telah dan akan tenggelam dari dampak krisis iklim, diantaranya desa-desa di Kecamatan Sayung Kabupaten Demak Provinsi Jawa Tengah."

Menurutnya, abrasi dan tenggelamnya sejumlah desa di Kecamatan Sayung Kabupaten Demak Provinsi Jawa Tengah disebabkan oleh krisis iklim yang mendorong permukaan air laut naik begitu cepat.

Seharusnya, kata dia, pemerintah Indonesia untuk segera menyusun langkah-langkah pemulihan desa pesisir yang terkena abrasi dan terancam tenggelam secara terukur dan berkelanjutan.

 “Langkah pemulihan dapat dimulai dengan menghentikan proyek-proyek yang akan memperburuk kualitas lingkungan hidup, membuat amblesan tanah semakin menurun dan mengancam kehidupan masyarakat. Selanjutnya, Kami menuntut Pemerintah Indonesia untuk serius menangani dampak buruk krisis iklim dengan cara melibatkan masyarakat terdampak abrasi dalam skema mitigasi dan adaptasi krisis iklim," imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, sejak 12 Februari 2021 warga Desa Timbulsloko, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak membangun jalan yang menjadi satu-satunya akses masuk ke kampung tersebut.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Yunan Setiawan
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved