Pendidikan

Bahrul Fawaid Minta Pembinaan LPQ di Kota Semarang Bisa Lebih Maksimal

Badko LPQ berharap pembinaan terhadap LPQ, sebagai tempat belajar membaca Al-Quran secara baik dan benar, bisa lebih maksimal.

Penulis: m zaenal arifin | Editor: moh anhar
ISTIMEWA
Pengurus LPQ Kecamatan Mijen foto bersama usai dilantik dan dikukuhkan di Aula Kecamatan Mijen. 

Penulis: M Zaenal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Ketua Badan Koordinasi (Badko) Lembaga Pendidikan Al-Qur'an (LPQ) Kota Semarang, Bahrul Fawaid, mengatakan LPQ merupakan lembaga pendidikan islam, yang berguna pembinaan karakter anak-anak.

Tak hanya itu, LPQ juga untuk mendidik anak-anak agar mampu membaca Al-Quran secara baik dan benar yang sesuai dengan kaidah-kaidah ilmu tajwid. Hal itu sebagaimana visi pendidikan dan pengajaran LPQ.

"Salah satu misi pendidikan dan pengajaran LPQ adalah untuk mencetak dan menyiapkan generasi bangsa yang qurani, yang kokoh berakidah, taat dan rajin beribadah, berbudi luhur, serta cinta tanah air dan NKRI," kata Bahrul, usai melantik pengurus Badko LPQ Kecamatan Mijen periode 2020-2022 di Aula Kecamatan Mijen, Selasa (9/3/2021).

Untuk mencapai visi tersebut, Bahrul berharap pembinaan terhadap LPQ bisa lebih maksimal lagi ke depannya. Tak hanya LPQ, pembinaan seyogyanya juga diberikan kepada para pengurus.

"Pengurus Badko LPQ mempunyai tugas untuk membina, mendorong, dan mengembangkan lembaga-lembaga pendidikan Al-Quran untuk kemudian memajukan LPQ dan pendidik di dalamnya," jelasnya.

Dalam pelantikan tersebut, 46 pengurus Badko LPQ Kecamatan Mijen periode 2020-2022 resmi dikukuhkan dan dilantik. Usai pelantikan, dilanjutkan rapat kerja pengurus.

Ketua Badko LPQ Kecamatan Mijen, Rubai, mengatakan generasi yang mencintai Al-Quran adalah generasi yang cerdas dan unggul dan mampu membangun peradaban. Bahkan Al-Quran, bukan hanya mencerdaskan orang-orang yang menghapalkan dan mengamalkan ilmunya secara sipiritual, melainkan juga secara intelektual.

Dikatakannya, Al Quran tidak hanya mengandung nilai-nilai moral yang dapat membentuk karakter seseorang, namun juga mengandung banyak ilmu pengetahuan dan sains yang pada zaman modern baru terungkap.

Ia percaya bahwa kader pengurusnya mampu membawa LPQ dan anak didik di bawah binaanya menjadi generasi unggul dan dan bermanfaat bagi nusa dan bangsa.

"Pada saat sekarang, generasi muda banyak diintervensi oleh narkotika, minuman keras, pergaulan bebas dan lain sebagainya. Tentu melalui pendekatan budaya, sikap dan pendidikan yang diajarkan dalam Al-Quran, anak didik di LPQ bisa terhindarkan dari masalah-masalah tersebut," kata Rubai. (Nal)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved