Breaking News:

Universitas Semarang

Penelitian 2 Mahasiswa Sistem Informasi USM Tembus Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 2

Seperti dua mahasiswa Program Studi S1 Sistem Informasi FTIK Universitas Semarang (USM) telah membuktikan lolos jurnal nasional terakreditasi Sinta 2,

Penulis: m zaenal arifin | Editor: m nur huda
Istimewa
Ilustrasi kampus USM 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Budaya meneliti di lingkungan kampus tidak hanya menjadi kewajiban pelaksanaan Tri Dharma bagi tenaga pengajar.

Para mahasiswa pun punya peran berkontribusi bagi perkembangan penelitian di tanah air.

Bahkan publikasi penelitian yang dilakukan mahasiswa menjadi nilai plus untuk bisa menyandang gelar sarjana dalam waktu pendidikan hanya 3,5 tahun saja.

Seperti dua mahasiswa Program Studi S1 Sistem Informasi FTIK Universitas Semarang (USM) telah membuktikan lolos jurnal nasional terakreditasi Sinta 2, akhir 2020 lalu.

Mereka yakni Leatitia Daphne Adhisti Putri Pertiwi yang tembus ke IJCCS Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan judul “A Hybrid Approach for Determine the Location of Stand.

Serta hasil  riset dari Muhammad Adi Setiawan dengan judul “Metode COPRAS untuk Menentukan Kain Terbaik dalam Pembuatan Pakaian pada Butik Batik Hatta Semarang” akan dipublikasikan ke Jurnal JTIIK Universitas Brawijaya.

Dengan bekal jurnal tersebut, kedua mahasiswa kemudian mengembangkannya dalam penyusunan Tugas Akhir (TA) sebagai syarat kelulusan di Program Studi S1 Sistem Informasi USM.

"Berkat jurnal saya lolos, impian bisa lulus kuliah 3,5 tahun itu benar benar jadi kenyataan. Saya bersyukur, di kampus dosen memberikan dorongan bagi mahasiswa untuk rajin menulis jurnal dari hasil tugas perkuliahan," kata Muhammad Adi Setiawan, dalam keterangannya, Kamis (11/3/2021).

Leatitia Daphne Adhisti Putri Pertiwi menuturkan, ide dalam penulisan jurnal berangkat dari tugas mata kuliah Sistem Pendukung Keputusan saat semester 5.

Melalui metode SPK, mahasiswa diminta untuk mengaplikasikannya kepada masyarakat dalam bentuk program pengambilan keputusan di masyarakat.

"Hasil penelitian dan program yang saya buat inilah yang saya kembangkan ke tugas akhir. Hasilnya ternyata tidak hanya lolos jurnal saja, tapi saya bisa lulus kuliah lebih cepat dari teman-teman," ujarnya.

Dosen Sistem Informasi, Saifur Rohman Cholil mengungkapkan, pemberian tugas untuk melatih mahasiswa melakukan riset dan implementasi karya akan menjadi modal kuat bagi mahasiswa yang lulus untuk bersaing di dunia kerja nantinya.

Untuk itu, Program Studi Sistem Informasi FTIK USM akan meningkatkan kolaborasi penelitian dosen dan mahasiswa yang outputnya bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Terlebih, ke depan juga akan diterapkan kurikulum kampus merdeka. (Nal)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved