Breaking News:

Berita Kabupaten Tegal

Mulai Senin Pembayaran Tiket Masuk ke Objek Wisata Guci Menggunakan Non Tunai

Hasib berharap para calon pengunjung sudah memiliki aplikasi dompet digital, di antaranya seperti OVO, Gopay, LinkAja, ShopeePay, dan lain-lain

Tribun Jateng/Mamdukh Adi Priyanto
guci 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Siap-siap seluruh calon pengunjung objek wisata Guci Kabupaten Tegal harus memiliki aplikasi dompet digital di handphone masing-masing. Karena mulai Senin (15/3/2021) mulai diberlakukan pembayaran tiket masuk menggunakan non tunai. 

Informasi tersebut disampaikan oleh Kepala UPTD Objek Wisata Guci, Ahmad Hasib, pada Tribunjateng.com Jumat (12/3/2021).

Dijelaskan pembayaran non tunai ini sebetulnya sudah direncanakan sejak tahun lalu, namun baru bisa terealisasi di tahun ini bekerjasama dengan Bank Indonesia melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). 

Adapun QRIS adalah standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

"Pada alat dan sistem yang kami punya, nantinya tetap ada pilihan apakah membayar retribusi tiket masuk dengan non tunai atau tunai. Kenapa masih kami bolehkah yang tunai? karena untuk adaptasi terlebih dahulu. Tapi kedepan mau tidak mau akan kami wajibkan pengunjung membayar dengan memanfaatkan QRIS ini," jelas Hasib.

Sehingga Hasib berharap para calon pengunjung sudah memiliki aplikasi dompet digital, di antaranya seperti OVO, Gopay, LinkAja, ShopeePay, dan lain-lain.

Mengingat top-up saldo juga bisa dilakukan di Alfamart atau pun Indomart.

Sementara, pembayaran non tunai ini hanya berlaku saat pembelian di tiket masuk utama saja. Karena masih membutuhkan penyesuaian, namun jika berjalan dengan baik tidak menutup kemungkinan akan diberlakukan di seluruh area wisata Guci.

"Iya insyaallah launching pembayaran dengan QRIS atau dompet digital akan dilaunching pada Senin (15/3/2021), dihadiri langsung oleh Bupati Tegal Umi Azizah, dan disaksikan secara virtual oleh Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. Saya sangat berharap pengunjung bisa menggunakan aplikasi digital untuk membayar retribusi," jelasnya.

Menurut Hasib, dengan memanfaatkan dompet digital dalam transaksi pembayaran jauh lebih aman, mudah, dan praktis.

"Istilahnya pengunjung akan kami paksa, karena demi mengikuti perkembangan zaman. Namun kami juga tetap melakukan sosialisasi dan penyesuaian, tidak hanya ke pengunjung tapi juga petugas, pedagang, serta pengelola wisata di area Guci," tandasnya. (dta)

Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved