Breaking News:

Berita Blora

Pasang Wifi di Beberapa Titik, Dinkominfo Blora Dorong Warga Geluti Bisnis Online

Kata Ahmad Faishol, bonus demografi akan menjadi peluang bagi pelaku digital bisnis untuk mengembangkan usaha

Penulis: Rifqi Gozali | Editor: muslimah
Istimewa
Bimbingan teknis digital bisnis di ruang pertemuan SMK Al-Hikmah Desa Ngadipurwo, Kecamatan Blora, Jumat (12/3/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, BLORA - Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Blora memasang wifi gratis di sejumlah titik. Pemasangan ini sekaligus untuk mendorong warga sekitar, utamanya generasi muda agar memanfaatkannya untuk bisnis online.

Satu di antara dorongan untuk berbisnis online digelar bimbingan teknis (Bimtek) digital bisnis bagi Karang Taruna Desa Sendangharjo di ruang pertemuan SMK Al-Hikmah Desa Ngadipurwo, Kecamatan Blora, Jumat (12/3/2021).

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinkominfo Blora, Ignatius Ary Soesanto mewakili Kepala Dinkominfo Sugiyono mengatakan, maksud dan tujuan bimtek digital bisnis yaitu meningatkan kemampuan dan keterampilan peserta bimtek dalam mengelola bisnis secara digital dengan memanfaatkan sarana Wifi yang dibangun Dinkominfo di beberapa titik, di antaranya di Desa Sendangharjo, Desa Patalan, Kamolan, dan Jepangrejo Kecamatan Blora dan Desa Keser Kecamatan Tunjungan.

"Adapun tujuannya adalah mengedukasi sekaligus mendorong masyarakat desa Sendangharjo dan sekitarnya untuk dapat membangun bisnis secara digital seperti pada era sekarang," ujar Ignatius Ary Soesanto.

Dalam bimtek tersebut, Ignatius Ary Soesanto menyampaikan, di era serba onlie mau tidak mau semua sistem bisnis konvensional beralih atau merambah ke dunia digital. Perdagangan di era digital sudah tidak mengenal batas negara dan waktu.

"Digitalisasi menjadi salah satu kunci dalam hal memperkuat merek (brand) agar tetap relevan dan terhubung secara kuat dengan pelangggan.Hal tersebut bakal berdampak pada penjualan dan pendapatan pelaku usaha," ujarnya.

Kemudian, lanjutnya, yang menjadi latar belakang adalah masyarakat di lingkungan Desa Sendanghajo dan sekitarnya mempunyai pemikiran untuk mengedukasi dan mendorong warganya untuk belajar dengan cara memberikan konten-konten yang relevan, mudah dipahami dan dapat membangun bisnis mereka dan mendapatkan pelanggan baru sesuai era sekarang ini dengan dukungan Pemerinah Daerah, dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blora untuk dilaksanakan kegiatan Bimtek Digital Bisnis.

Dalam bimtek ini narasumber lainnya yakni anggota DPRD Blora M. Ahmad Faishol dan praktisi digital bisnis Taufik Hidayat.

Kata Ahmad Faishol, bonus demografi akan menjadi peluang bagi pelaku digital bisnis untuk mengembangkan usaha.

"Saya contohkan, ada seorang warga Blora, alumni UGM, namanya Mas Yoyok, telah berhasil mengembangkan digital bisnis hingga merambah pasar di dalam hingga luar negeri. Produk yang dijual adalah kerajinan jam kayu dari Blora," kata dia.

Hal itu, lanjutnya, sungguh luar biasa. Sebab, mau tidak mau di era sekarang ini masyarakat harus pandai mencari dan mengembangkan peluang bisnis melalui teknologi.

"Dari rumah, sudah bisa mengembangkan usahanya. Jadi, digital bisnis adalah solusi," tegasnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved