Breaking News:

Berita Kabupaten Tegal

Perayaan Hari Raya Nyepi di Kab Tegal Tetap Berlangsung, Jumlah Umat yang Hadir Masih Dibatasi.

Pada perayaan Hari Suci Nyepi tahun ini, kami lebih kepada introspeksi diri dan lebih mendekatkan diri kepada sang pencipta

TribunJateng.com/Desta Leila Kartika
halaman depan Pura Mitra Kencana Dewa, Desa Dukuh Ringin, Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal yang diambil beberapa waktu lalu. Rencananya Sabtu (13/3/2021) besok umat Hindu di Kabupaten Tegal akan melaksanakan serangkaian kegiatan sebelum hari raya Nyepi pada Minggu (14/3/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Perayaan Hari Suci Nyepi tahun baru Saka 1943 yang jatuh pada Minggu (14/3/2021) mendatang sama seperti tahun sebelumnya. Karena masih dalam masa pandemi Covid-19 sehingga rangkaian kegiatan Nyepi juga dibatasi.

Adapun seluruh umat Hindu di Kabupaten Tegal melaksanakan Catur Brata Penyepian di rumah masing-masing pada Minggu (14/3/2021).

Informasi tersebut, disampaikan oleh Ketua PHDI Kabupaten Tegal, Ida Bagus Laksana, saat dihubungi Tribunjateng.com, Jumat (12/3/2021).

Serangkaian kegiatan menjelang hari suci Nyepi dilaksanakan mulai hari Jumat (12/3/2021) dan Sabtu (13/3/2021) besok.

Kegiatan pertama yaitu melaksanakan bakti sosial pembagian beras dan pakaian kepada para Pinandita (rohaniawan Hindu), serta pembagian alat tulis kepada anak-anak sekolah.

"Untuk kegiatan yang berlangsung di Pura jumlah umat yang hadir saya batasi maksimal 50 orang saja. Mengingat masih pandemi Covid-19 sehingga prokes tetap kami jalankan. Sedangkan hari Minggu nya umat di rumah dan tidak boleh kemana-mana," ujar Ida Bagus.

Untuk rangkaian kegiatan lainnya, lanjut Bagus, berlangsung pada Sabtu (13/3/2021) mulai pukul 09.00 WIB melaksanakan Melasti (penyucian diri atau mikrocosmos) di Wantilan Pura Mitra Kencana Dewa, Dukuh Ringin Slawi, Kabupaten Tegal.

Kegiatan berlanjut pada pukul 12.00 WIB pelaksanaan Tawur Kesanga atau Mecaru (penyucian alam atau makrocosmos) di halaman depan Pura Mitra Kencana Dewa, Desa Dukuh Ringin, Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal.

"Pada perayaan Hari Suci Nyepi tahun ini, kami lebih kepada introspeksi diri dan lebih mendekatkan diri kepada sang pencipta.

Selain itu dengan adanya wabah Covid-19 kami maknai untuk lebih mawas diri. Adanya musibah ini jangan langsung panik dan putus asa, tapi sebagai pertanda agar kita lebih mendekatkan diri pada sang pencipta," pesannya. (dta) 

Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved