Breaking News:

Berita Karanganyar

DKK Karanganyar Terima 13.600 Dosis Vaksin untuk Lansia dan Pelayan Publik

DKK Karanganyar terima 13.600 dosis vaksin untuk penyuntikan petugas pelayan publik, pedagang, lansia. 

Tribun Jateng/Agus Iswadi
Pedagang Pasar Wisata Tawangmangu Karanganyar saat menerima vaksin, Sabtu (13/3/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar menerima sebanyak 13.600 dosis vaksin yang akan digunakan untuk penyuntikan petugas pelayan publik termasuk pedagang dan lansia. 

Dosis tersebut telah didistribusikan ke fasyankes yang ada di Kabupaten Karanganyar pada Jumat (12/3/2021) kemarin. 

Sekretaris DKK Karanganyar, Purwati menyampaikan, dari 13.600 dosis tersebut, sejumlah 10 ribu dosis digunakan untuk penyuntikan para lansia. Sedangkan sisanya 3.600 dosis untuk pelayan publik seperti ASN seperti pedagang pasar dan lainnya. 

Sebelumnya dinas telah menerima data pedagang dari dinas terkait dan puskesmas di setiap kecamatan. Data tersebut dihimpun dari masing-masing lurah pasar. 

"Kita data pedagang itu masuk pelayan publik, saya koordinasi dengan Disdag dan puskesmas koordinasi dengan lurah pasar untuk data pedagang. Yang memilih (waktu pelaksanaan) vaksinasi bagi pedagang dari dinas kesehatan," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Sabtu (13/3/2021). 

Pasar Karangpandan, Pasar Wisata Tawangmangu dan Pasar Malangjiwan Colomadu menjadi prioritas dalam vaksinasi bagi para pedagang pasar. Purwati menjelaskan, vaksinasi bagi pedagang Pasar Karangpandan didahulukan karena pernah terjadi penyebaran kasus Covid-19 di pasar tersebut.

Lebih lanjut, pedagang Pasar Malangjiwan diprioritaskan karena berada di kecamatan yang banyak ditemukan kasus Covid-19. Sedangkan Pasar Wisata Tawangmangu karena tingginya mobilitas orang dari berbagai daerah di pasar tersebut. 

"Pelaksanaan vaksinasi tergantung masing-masing wilayah. Target pekan depan selesai. Pedagang dan lansia. Makanya kerja sama dengan klinik di wilayah kerja puskesmas masing-masing," jelasnya. 

Terpisah, Kepala Dinas Perdagangan Tenaga Kerja dan Koperasi (Disdagnakerkop) UKM Karanganyar, Martadi mengatakan, sampai saat ini pedagang Pasar Karangpandan yang sudah menerima vaksin ada sebanyak 80 orang. Sedangkan pedagang Pasar Wisata Tawangmangu ada 200-an orang. 

"Senin (jadwal vaksin) Pasar Malangjiwan. Pasar Karangpandan nanti vaksinasi (pelaksanaan) sampai 17 Maret 2021," jelasnya. 

Dia telah berkoordinasi dengan dinas kesehatan supaya pedagang Pasar Jambangan menjadi prioritas penerima vaksin menyusul adanya persebaran kasus Covid-19 di pasar tersebut. 

"Saya usulkan, Jambangan untuk disegerakan. Saya sudah koordinasi dengan DKK," pungkasnya.  

Martadi mengungkapkan, total jumlah pedagang pasar tradisional yang ada di Kabupaten Karanganyar tercatat ada sekitar 9.000 lebih pedagang. (*)

Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved