Breaking News:

Berita Banjarnegara

Ingin Kecelakaan Cepat Tertangani, Masyarakat Banjarnegara Bisa Gunakan Aplikasi Sarsipol

Satlantas Polres Banjarnegara meresmikan renovasi kantor Unit Laka dan Quick Response, Jumat (12/3). 

Penulis: khoirul muzaki | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Khoirul Muzaki
Peresmian kantor unit laka Polres Banjarnegara oleh Wakil Bupati Banjarnegara Syamsudin, Jumat (12/3/2021). 

TRIBUNBANYUMAS. COM, BANJARNEGARA - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Banjarnegara telah meresmikan renovasi kantor Unit Laka dan Quick Response,  Jumat (12/3/2021). 

Kapolres Banjarnegara AKBP Fahmi Arifrianto mengatakan, diresmikannnya kantor laka lantas merupakan upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. 

Menurut Kapolres, dalam melaksanakan pelayanan penanganan kecelakaan lalu lintas, Polres Banjarnegara membentuk program unggulan yakni Sarsipol (Sehat Aman Rumah Sakit Indonesia Pelayanan Online) bekerjasama dengan rumah sakit di Banjarnegara. 

"Melaksanakan penanganan kecelakaan lalu lintas, unit laka lantas melaksanakan Quick Response, penanganan laka bekerja sama dengan Rumah Sakit Islam dan Rumah Sakit Emanuel," ujarnya, Sabtu (13/3/2021) 

Ia menjelaskan teknis pelaksanaan Quick Response, yakni apabila terjadi kecelakaan, penanganan perkara dilakukan oleh unit laka lantas. Sedangkan penanganan korban laka lantas dilakukan tim medis Sarsipol dalam hal ini Rumah Sakit Islam (RSI) dan Rumah Sakit Emanuel Banjarnegara. 

"Rumah Sakit Islam (RSI) menangani korban kecelakaan wilayah timur, Sigaluh sampai Purwonegoro, sedangkan Rumah Sakit Emanuel wilayah barat, Mandiraja sampai Susukan," jelasnya. 

Kapolres mengungkapkan, di dalam aplikasi Sarsipol, terdapat tombol reaksi cepat pada saat kejadian, khususnya laka lantas.

Apabila masyarakat melihat langsung atau mengetahui ada kejadian dapat menggunakan layanan Sarsipol dengan mengisi identitas, keterangan kejadian dan titik koordinat. 

Dengan begitu, anggota kepolisian setempat dan tim medis Sarsipol bisa cepat mendatangi titik kejadian. Penanganan cepat oleh petugas atau tim medis ini penting untuk memininalisasi risiko cidera lebih lanjut jika korban tak segera tertangani. 

"Pelibatan tenaga medis Sarsipol dalam penanganan laka diharapkan dapat meminimalisir adanya cidera lebih lanjut pada korban cepat bisa ditangani," ungkapnya. 

Ia berharap, kesiapsiagaan pihak kepolisian dan Sarsipol dalam penanganan laka lantas bisa memberikan pelayanan terbaik. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved