Breaking News:

Harga Bitcoin Cetak Rekor Lagi Tembus Rp 881 Juta

ila dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, harga bitcoin telah meroket hingga 968,19 persen.

www.fendy.web.id
BITCOIN 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Harga bitcoin terus merangkak naik dan kembali mencetak rekor baru sepanjang sejarah.

Terakhir, dikutip dari laman Coinbase, Minggu (14/3), harga mata uang kripto bitcoin mencapai Rp 881,2 juta. Angka itu meningkat 8,11 persen dibandingkan dengan hari sebelumnya.

Bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, harga bitcoin telah meroket hingga 968,19 persen.

Valuasi bitcoin pun kembali menembus rekor 1 triliun dollar AS atau sekitar Rp 14.000 triliun pekan lalu, setelah sebelumnya sempat turun, lantaran sempat mengalami tekanan.

Kini, dengan melonjaknya kembali harga bitcoin, valuasi pasarnya menapai Rp 16.437,1 triliun.

Dilansir dari CNBC, kenaikan harga bitcoin disebabkan oleh beragam faktor. Satu di antaranya adalah penggunaan bitcoin oleh insitusi dan perusahaan besar, sekaligus permintaan bitcoin oleh individu yang melonjak.

Perusahaan produsen mobil listrik Tesla misalnya, pada awal tahun ini telah membeli 1,5 miliar dollar AS bitcoin. Perusahaan yang dipimpin Elon Musk tersebut juga berencana bakal menerima mata uang digital tersebut untuk transaksi produk mereka.

Selain itu, perusahaan jasa pembayaran Mastercard juga mengatakan bakal membuka jaringan mereka untuk beberapa mata uang digital. PayPal dan BNY Mellon pun tengah membuka jalan menuju arah yang sama.

Bagi pengguna bitcoin, reli yang saat ini terjadi diakibatkan oleh lonjakan permintaan dari kalangan investor institusi. Hal itu berbeda dengan reli yang sempat terjadi di 2017 lalu.

Kala itu, harga bitcoin sempat mencetak rekor di level 20.000 dollar AS sebelum akhirnya nilainya merosot 80 persen di tahun berikutnya.

Di sisi lain, ada pula pihak yang menilai bitcoin dan mata uang digital lain tidak memiliki nilai yang berarti, serta khawatir mata uang kripto tersebut menjadi bubble terbesar yang pernah terekam sejarah. (Kompas.com/Mutia Fauzia)

Editor: Vito
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved