Breaking News:

Tren Penurunan Harga Emas Masih akan Berlanjut

Sentimen pengesahan stimulus AS akan berampak pada penurunan permintaan emas. Harga emas juga berpotensi menurun karena gencarnya vaksinasi.

Tribun Jateng/ Ruth Novita Lusiani
Pengunjung melihat-lihat produk emas di booth Butik Emas Antam Semarang dalam pameran Financial and Brand Expo, di Mal Ciputra Semarang, Rabu (26/2/2020). 

TRIBUN JATENG.COM, JAKARTA - Harga emas batangan keluaran PT Aneka Tambang Tbk (Antam) berpotensi cenderung menurun, menyusul sentimen global dari Amerika Serikat (AS) yang mendorong pelaku pasar beralih ke aset berisiko.

Mengutip laman logammulia.com, harga emas Antam pada Sabtu (13/2), menurun Rp 3.000 ke level Rp 926.000/gram. Meski turun, level harga tersebut sudah lebih baik dari posisi Selasa (9/2), yang anjlok ke level terendah sejak Juni 2020 di Rp 915.000/gram.

Analis Monex Investindo Futures, Faisyal mengatakan, kenaikan harga emas saat ini masih rawan terkoreksi. "Harga emas masih beprotensi lanjut menurun," katanya, akhir pekan lalu.

Menurut dia, sentimen global berupa pengesahan stimulus AS akan berampak pada penurunan permintaan emas. Harga emas juga berpotensi menurun karena vaksinasi yang dilakukan gencar secara global.

Target pemberian vaksin yang lebih cepat di berbagai negara juga memicu naik permintaan di aset berisiko.

Faisyal memproyeksikan harga emas Antam di akhir tahun ini berada di rentang Rp 750.000-Rp 800.000 per gram.

Ia merekomendasikan bagi investor yang sudah memiliki emas dapat merealisasikan keuntungannya jika membutuhkan dana dalam jangka pendek.

Namun, dalam jangka panjang, Faisyal merekomendasikan bisa tetap hold emas. "Kurang tepat untuk beli emas Antam saat ini, karena masih berpotensi menurun, tetapi bisa tetap beli jika memang tujuannya untuk jangka panjang," ujarnya.

Adapun, harga emas dunia turun lebih dari 1 persen pada Jumat (12/3) lalu, karena tertekan lonjakan imbal hasil US Treasury dan penguatan dollar AS.

Harga emas turun ke level terendah sejak Juni 2020 pada 1.676,10 dollar AS/ons troi pada hari Senin, dengan harga turun hampir 10 persen sepanjang tahun ini.

Halaman
12
Editor: Vito
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved