Breaking News:

Mutasi Covid-19 Baru Lagi Terdeteksi di Jepang, Berbeda dari Varian Brasil, Afsel, dan Inggris

varian baru virus corona itu dapat menimbulkan ancaman serupa yang lebih mematikan dan menular daripada jenis aslinya.

Editor: Vito
BBC
Ilustrasi virus corona 

TRIBUNJATENG.COM, TOKYO - Mutasi baru covid-19 kembali ditemukan pada seorang pelancong yang baru tiba di Jepang dari Filipina, menurut pejabat kesehatan seperti yang dilansir Mirror.

Pria berusia sekitar 60 tahun itu tidak menunjukkan gejala ketika ia tiba di Bandara Narita Tokyo pada 25 Februari 2021. Ia dinyatakan positif covid-19 saat menjalani karantina wajib, kata pihak berwenang.

Pejabat kesehatan Jepang mengatakan, varian virus corona itu berbeda dari varian yang ditemukan di Brasil, Afrika Selatan, maupun Inggris.

Tetapi diyakini, varian baru itu dapat menimbulkan ancaman serupa yang lebih mematikan dan menular daripada jenis aslinya.

Varian itu mungkin lebih siap untuk menetralkan antibodi, termasuk yang diperoleh dari vaksinasi, seperti yang tampak pada varian Afrika Selatan dan Brasil, lapor Japan Times.

Kementerian kesehatan mengatakan, strain mutan telah menyebar di Filipina dan Jepang. Kasus yang dialami pelancong tersebut kemudian dikonfirmasi sebagai kasus strain baru untuk pertama kalinya di Jepang pada Jumat (12/3).

Pria yang membawa virus tersebut kini tengah menjalani perawatan di fasilitas rujukan. Kewarganegaraannya belum diungkapkan.

Institut Penyakit Menular Nasional sedang memantau penyebaran virus dengan cermat. Mereka juga telah menyerukan tindakan pengendalian perbatasan yang lebih ketat untuk menjaga agar penyebaran virus tetap terkendali.

Bersama dengan kementerian kesehatan, pihaknya mengatakan, telah mendeteksi infeksi dengan varian baru di wilayah tengah Filipina sejak akhir Januari.

Sebanyak 34 kasus telah dikonfirmasi di negara itu sejauh ini. Namun, Departemen Kesehatannya belum mengomentari jenis baru itu, menurut CNN Filipina.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved