Breaking News:

Neraca Perdagangan RI Surplus 2 Miliar Dollar AS

surplus neraca perdagangan Februari 2021 didukung performa ekspor dan impor yang boleh dibilang bagus, dilihat dari jenis komoditas.

Tribun Jateng/raka f pujangga
ilustrasi - Aktivitas bongkar muat kontainer di TPKS Semarang 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan neraca perdagangan RI pada Februari 2021 surplus sebesar 2 miliar dolar AS.

Posisi surplus itu tercatat lebih tinggi sedikit dibandingkan Januari 2021, yakni 1,96 miliar dollar AS.

Kepala BPS, Kecuk Suhariyanto mengatakan, surplus neraca perdagangan didukung performa ekspor dan impor yang boleh dibilang bagus, dilihat dari jenis komoditas.

"Nilai ekspor bulan ini secara tahunan sebesar 15,27 miliar dollar AS, atau naik 8,56 persen. Ini menggembirakan karena ekspornya terjadi di sektor pertanian, industri pengolahan, maupun pertambangan," katanya, dalam paparannya, Senin (15/3).

Sementara nilai impor RI pada Februari 2021 sebesar 13,26 miliar dollar AS, atau tumbuh 14,86 persen berdasarkan penghitungan tahunan.

"Yang menggembirakan impor kita di bahan penolong atau bahan baku pada bulan ini mengalami peningkatan 11,53 persen. Tentunya kita berharap peningkatan impor barang baku dan barang modal menunjukkan geliat industri dan investasi di Tanah Air mulai bergerak bagus," jelas Suhariyanto.

Adapun, surplus neraca perdagangan nonmigas Indonesia dilihat dari tujuan negara terbesar adalah Amerika Serikat sebesar 1,2 miliar dollar AS, Filipina sebesar 450 juta dollar AS, dan India sebesar 341 juta dollar AS.

Sebaliknya, defisit neraca perdagangan Indonesia terjadi dengan negara China yakni minus 968 juta dollar AS, lalu Australia minus 391 juta dollar AS, dan Brasil minus 261 dollar AS.

Suhariyanto menuturkan, ekspor Indonesia sepanjang Februari tumbuh sangat menggembirakan, karena adanya kenaikan ekspor migas 6,9 persen dan nonmigas 8,67 persen.

Menurut dia, tren pertumbuhan ekspor RI di periode ini masih berlanjut sejak 2019, yaitu senilai 12,79 miliar dollar AS.

Halaman
12
Editor: Vito
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved