Breaking News:

Berita Karanganyar

BPBD Karanganyar Sarankan Bekas Longsor Ditanam Rumput Vetiver

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar menyarankan supaya bekas tanah longsor ditanam rumput vetiver

Istimewa
Rumah warga yang terkena material talud yang longsor di Dusun Swadine Desa Wukirsawit Kecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar menyarankan supaya bekas tanah longsor ditanam rumput vetiver. 

Kasi Kesiapsiagaan BPBD Karanganyar, Hartoko menyampaikan, BPBD Karanganyar sudah menanam rumput vetiver di Desa Gerdu Kecamatan Karangpandan tahun ini.

Saat ini rumput tersebut sudah bisa dipergunakan atau ditanam di lokasi rawan longsor sebagai upaya pencegahan.

"Ini tadi saya sudah cek longsor di Wukirsawit. Sudah koordinasi. Disarankan mengambil bibit di sana (Gerdu). Kita sudah punya stok banyak (luasan) 1.000 meter persegi," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Selasa (16/3/2021). 

Apabila pihak pemerintah desa menghendaki rumput tersebut dapat berkoordinasi dengan BPBD atau pemerintah Desa Gerdu.

Lanjutnya, beberapa waktu lalu juga sudah dilakukan penanaman rumput vetiver di lokasi rawan longsor seperti di Desa Tengkil Kecamatan Tawangmangu. 

Dia menjelaskan telah melakukan pengecekan ke bekas longsor yang mengenai rumah warga di Wukirsawit pada Senin kemarin. Menurutnya, lokasi tersebut masih memungkinkan untuk ditanami rumput vetiver guna mencegah terjadinya longsor susulan. 

"Tadi sudah saya cek ke lokasi. Itu yang kena rumah. Talud longsor kena rumah bagian belakang. Pencegahan bisa dilakukan dengan penanaman rumput vetiver," ucapnya. 

Plt Camat Jatiyoso, Kusbiyantoro menuturkan, talud yang berada di samping rumah warga di Dusun Swadine Desa Wukirsawit Kecamatan Jatiyoso longsor menimpa bagian belakang rumah Warti (48).

"Longsor ketinggian 10 meter, lebar 7 meter. Ini sudah proses pembersihan material longsor," terangnya.

Dinding rumah warga ambrol karena terkena material longsor. Kusbiyantoro menuturkan, tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut. Warga juga masih dapat menempati rumah mereka. (Ais)

Penulis: Agus Iswadi
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved