Breaking News:

Unsoed Purwokerto

Kejaksaan Agung RI dan Unsoed Purwokerto Sepakati Kerjasama

Penandatangan kerjasama dilakukan oleh Jaksa Agung RI Dr.ST Burhanuddin, dan Rektor Unsoed Prof.Dr.Ir Suwarto MS secara daring.

IST
Jaksa Agung RI, Dr. ST. Burhanudin memberikan sambutan. 

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO - Universitas Jenderal Soedirman /Unsoed dan Kejaksaan Agung Republik Indonesia menandatangani nota kesepahaman (MoU) tentang kerjasama pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, peningkatan kualitas sumberdaya manusia, dan pengembangan kapasitas kelembagaan, Selasa (16/3).

Penandatangan kerjasama dilakukan oleh Jaksa Agung RI Dr.ST Burhanuddin, dan Rektor Unsoed Prof.Dr.Ir Suwarto MS secara daring.

Secara lebih rinci ruang lingkup nota kesepahaman meliputi Penyelenggaraan Pendidikan, Penelitian, Pelatihan dan Pengabdian kepada Masyarakat; Peningkatan dan pengembangan kompetensi Sumber Daya Manusia; Pembentukan Pusat Kajian Kejaksaan; Pengembangan Kapasitas Kelembagaan; Pemberian bantuan hukum, petimbangan hukum dan tindakan hukum lainnya di bidang perdata dan tata usaha negara; Pendampingan Pengembangan Rumah Sakit Umum Adhyaksa Kejaksaan dalam bidang forensik klinik; Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka; dan Bidang lain yang disepakati.

Jaksa Agung RI Dr.ST Burhanuddin mengatakan bahwa Kejaksaan memandang pembangunan sinergi dengan perguruan tinggi khususnya Unsoed memiliki nilai amat strategis.

Kesadaran tersebut dilandasi oleh beberapa pemikiran yaitu perguruan tinggi adalah tempat dimana para penegak hukum untuk pertama kali belajar tentang hukum, perguruan tinggi merupakan tempat kejaksaan meminta bantuan keterangan ahli untuk memperkuat pembuktian dalam rangka pelaksanaan tugas dan kewenangan didalam penegakan hukum.

Selain itu perguruan tinggi adalah tempat berkumpulnya para intelektual dimana buah pemikirannya sangat dinanti dan dibutuhkan oleh kejaksaan melalui kritik yang konstruktif untuk pengembangan kemajuan kejaksaan, dan perguruan tinggi tempat para mahasiswa.

“Kerjasama dengan Unsoed memegang peranan yang sangat penting, ikhtiar yang kita bangun saat ini merupakan tonggak terciptanya sinergi dan bentuk kapasitas, kapabilitas, dan potensi aparatur kejaksaan yang mampu memecahkan tantangan yang dihadapinya”, ungkap Jaksa Agung.

Rektor UNSOED, Prof. Suwarto didampingi para Wakil Rektor dan para Kajari di wilayah Barlingmas.
Rektor UNSOED, Prof. Suwarto didampingi para Wakil Rektor dan para Kajari di wilayah Barlingmas. (IST)

Lebih lanjut Jaksa Agung berharap kerjasama yang terjalin akan membentuk aparatur penegak hukum kejaksaan yang mampu berperan sebagai pembaharu dan berorientasi pada pelayanan, pengayoman dan pemberdayaan masyarakat.

Meningkatkan pengembangan kompetensi sumberdaya manusia, melalui kerjasama ini kita yakin akan terciptanya sumberdaya kejaksaan yang berkualitas dan dapat memberikan kontribusi optimal bagi kemajuan institusi.

Kemudian pembentukan pusat kajian kejaksaan, pengembangan kapasitas kelembagaan, pemberian bantuan hukum, pertimbangan hukum & tindakan hukum lainnya bidang perdata dan tata usaha negara.

Halaman
12
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved