Breaking News:

Berita Batang

Kendalikan Berita Negatif dan Berita Hoaks dengan KIM Desa

Diskominfo Provinsi Jawa Tengah melakukan evaluasi dan pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

Istimewa
Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Tengah melakukan evaluasi dan pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Pendopo Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Senin (15/3/2021) 
Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Tengah melakukan evaluasi dan pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Pendopo Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Senin (15/3/2021)
Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Tengah melakukan evaluasi dan pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Pendopo Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Senin (15/3/2021) (Istimewa)

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Tengah melakukan evaluasi dan pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Pendopo Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Senin (15/3/2021).

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Provinsi Jawa Tengah Agung Kristiyanto mengatakan KIM adalah untuk masyarakat kembali ke masyarakat. Sehingga tujuannya adalah sebagai kerjasama sosial grup untuk ikut mengendalikan berita-berita negatif.

“Mereka juga sebagai agen perubahan didalam masyarakat tersebut, setidaknya KIM dapat mengendalikan akun-akun anggota dalam menggunakan media sosial (medsos). 

Jangan sampai menyebarkan berita-berita tanpa disaring terlebih dahulu,” jelasnya.

Diharapkan, KIM yang bekerjasama dari pemerintah atau masyarakat turut serta untuk berperan didalam menyampaikan informasi yang baik dan benar serta memberikan edukasi bagaimana bijak dalam menggunakan media sosial.

“Jika berita tersebut positif dan benar tidak masalah, tetapi jika berita tidak benar jangan disebarluaskan,” imbuhnya.

Ia juga berharap dengan adanya kegiatan ini KIM dapat berkembang dan bertambah di dalam masyarakat sebagai suatu wadah berinteraksi.

Sementara Kepala Diskominfo Batang Triossy Juniarto menyampaikan kegiatan ini sangat penting untuk diadakan, karena KIM adalah perantara pemerintah untuk masyarakat.  Pasalnya, melihat perkembangan teknologi yang semakin cepat dan canggih jangan sampai kita terlena.

“Tugas KIM adalah memberikan informasi yang baik dan benar, sehingga jangan sampai menyebarkan berita-berita yang negatif dan berita hoaks” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang  IKP Diskominfo Batang, Puji Setyowati menambahkan, bahwa pembentukan KIM bertujuan untuk menyampaikan informasi melalui diskusi antar anggota kepada publik atau masyarakat.

Dia juga berharap para anggota dapat kembali dibentuk untuk bisa berperan aktif berdiskusi dan memahami informasi melalui media untuk menciptakan kerjasama antar  masyarakat dan pemerintah. 

“Tujuan KIM adalah, agar publik bisa mendapatkan akses informasi melalui medsos  bisa dari facebook atau instagram yang dikelola oleh anggota KIM melalui diskusi dan tukar informasi antar anggota yang berperan aktif,” pungkasnya. (*)

Penulis: dina indriani
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved