Breaking News:

Berita Semarang

Pelaku Bisnis Perhotelan Jawa Tengah Dukung Penuh Adanya Pelonggaran Pelaksanaan MICE  

Pelaku bisnis perhotelan di Jawa Tengah menyambut berita baik dari Kemenparekraf.

Tribun Jateng/Hermawan Handaka
Wakil Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Jateng (PHRI Jateng), Bambang Mintosih 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG – Pelaku bisnis perhotelan di Jawa Tengah menyambut berita baik dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terkait dengan adanya pelonggaran pelaksanaan kegiatan Meetings, Incentives, Conferencing, dan Exhibitions (MICE) di Indonesia, sesuai dengan panduan Cleanliness (kebersihan), Healthy (kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan) (CHSE).

Wakil Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Jateng (PHRI Jateng), Bambang Mintosih menuturkan sangat mendukung penuh adanya kebijakan ini. “Kami dari PHRI tentunya sangat mendukung sekali kebijakan ini, kalau bisa dipercepat saja pelaksanaannya, karena kami sekarang ingin segera bisa bernafas kembali. Tentu dalam pelaksanaannya, protokol kesehatan akan tetap jadi fokus utama kami,” ujar pria yang akrab disapa Benk kepada Tribun Jateng, Senin, (15/3/2021).

Selain penerapan protokol kesehatan berbasis CHSE yang diterapkan bagi para pelaku bisnis perhotelan, Benk juga menuturkan adanya langkah vaksinasi bagi para karyawan perhotelan di Jawa Tengah saat ini juga dapat menjadi nilai tambah dalam pelaksanaan kegiatan MICE, pasalnya ketika para karyawan hotel sudah tervaksinasi dapat menambah keamanan dan kenyamanan bagi karyawan maupun tamu hotel untuk berkegiatan di hotel.

Ia berharap dukungan pelonggaran pelaksanaan MICE ini dapat segera terlaksana lantaran ia menilai adanya pelaksanaan MICE dalam industri perhotelan mampu berpotensi mendongkrak pendapatan bagi para pelaku bisnis perhotelan hingga tujuh kali lipat.

“Dengan MICE ini mulai bergerak kembali, dapat berpotensi mendongkrak pendapatan hotel hingga tujuh kali lipat dibandingkan dengan adanya tamu hotel yang hanya menginap saja. Sebab biasanya ketika ada kegiatan MICE, mereka tidak hanya menyewa ruangan saja untuk pelaksanaan kegiatan tersebut, biasanya pun sekaligus dengan paket kamarnya. Selain itu, biasanya dengan adanya pelaksanaan kegiatan MICE lama tinggal tamu hotel juga akan lebih lama, sehingga hal ini akan berpengaruh terhadap tingkat hunian dari hotel tersebut,” imbuhnya.

Sementara itu, terkait dengan geliat pelaksanaan MICE di Jawa Tengah pada kuartal I/2021 ini dikatakan Benk masih belum stabil, dimana untuk rata-rata pelaksanaan MICE pada perhotelan di Jawa Tengah baru terlaksana sekira dua kegiatan.

Hal senada juga dituturkan oleh Executive Assistant Manager Louis Kienne Hotel Pemuda Semarang, Rita Ninuk. “Kami otomatis senang sekali dengan adanya kelonggaran tersebut, apalagi sejak pandemi ini kan baik pihak corporate maupun government hampir jarang sekali mengadakan kegiatan MICE karena kebanyakan memberlakukan sistem work from home (wfh) ataupun meeting melalui zoom, sedangkan apabila ada kelonggaran untuk acara-acara MICE ini akan sangat membantu pendapatan hotel, karena biasanya pelaksanaan MICE sudah include dengan paket kamar, apalagi untuk kegiatan-kegiatan yang berasal dari luar kota Semarang,” tutur Rita.

Menyambut hal ini, Rita pun menegaskan Louis Kienne Hotel Pemuda Semarang akan terus meningkatkan penerapan protokol kesehatan di area hotel. Ditambah lagi, Louis Kienne Hotel Pemuda Semarang juga sudah mendapatkan sertifikasi CHSE dengan nilai 100, sehingga akan menambah tingkat kenyamanan bagi tamu hotel.

Bersama dengan adanya kelonggaran ini, Rita pun berharap kedepannya pelaksanaan MICE dapat kembali mengalami peningkatan, dimana sebelumnya dengan adanya kondisi pandemi membuat pelaksanaan MICE di perhotelan menjadi lesu.

“Harapan kami dengan adanya pelonggaran ini, terdapat sinergi dan dukungan dari berbagai pihak, seperti yang sebelumnya untuk kegiatan corporate maupun government yang dibatasi dapat turut dilonggarkan kembali juga,” tandasnya. (*)

Penulis: Ruth Novita Lusiani
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved