Breaking News:

Berita Tegal

QRIS Resmi Dilaunching di Objek Wisata Guci Tegal, Upaya Dorong Peningkatan Perekonomian Daerah.

BI Tegal dorong percepatan digitalisasi ekonomi dan keuangan daerah khususnya di sektor pariwisata. 

Penulis: Desta Leila Kartika 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Sebagai upaya pemulihan ekonomi daerah dan dalam rangka memperkuat kinerja pelaku UMKM di tengah pandemi Covid-19, Bank Indonesia Tegal mendorong percepatan digitalisasi ekonomi dan keuangan daerah khususnya di sektor pariwisata. 

Sejalan dengan upaya tersebut, Bank Indonesia Tegal berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Tegal, dan Bank Jateng menyelenggarakan kegiatan “Launching Implementasi QRIS pada Daya Tarik Wisata (DTW) Guci," pada Senin (15/3/2021) sore. 

Kepala Perwakilan BI Tegal, M. Taufik Amrozy, menyampaikan bahwa QRIS menjadi salah satu solusi alat pembayaran digital yang dapat diaplikasikan di semua sektor perekonomian, termasuk sektor pariwisata, yang menuntut semuanya harus serba cepat, mudah, murah, dan aman. 

QRIS dapat diterapkan di berbagai jenis transaksi, mulai dari retail (souvenir, kuliner, hotel), pembelian tiket, hingga pembayaran retribusi dan asuransi. 

Penerapan QRIS sekaligus menjadi salah satu cara untuk mengimplementasikan dan menjalankan protokol kesehatan dalam rangka pemulihan pariwisata di Jawa Tengah.

"Penerapan QRIS ini menjadi solusi untuk membangkitkan sektor pariwisata dalam mendukung tatanan kehidupan era baru, karena meminimalkan kontak fisik dalam interaksi pembayaran atau cashless."

"QRIS setidaknya memberikan sejumlah manfaat bagi kalangan industri, antara lain pembayaran lebih higienis karena tidak bersentuhan langsung, tercatatnya transasksi secara lengkap dari jumlah hingga waktu pembayaran, dan meminimalkan risiko kerugian akibat uang palsu," ungkap Taufik, pada Tribunjateng.com. 

Dijelaskan, dalam kondisi Covid-19 seluruh aktivitas fisik dan tatap muka harus dibatasi, sehingga manusia beradaptasi dengan melakukan semua aktivitas secara digital atau tanpa tatap muka. 

Hal ini tentu berdampak negatif pada kinerja sektor pariwisata, khususnya destinasi wisata yang atraksi utamanya adalah keindahan alam seperti DTW Guci. 

Halaman
123
Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved