Breaking News:

Program PINTAR

Program PINTAR Perlu Diaplikasikan ke Seluruh Sekolah

Dinas pendidikan dan Tanoto Foundation harus ektra melakukan inovasi. Karena tantangan dalam masa pandemi semakin kompleks.

IST
Bupati Kendal Dico M Ganinduto saat menerima kunjungan kolaboratif perwakilan Program Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran (PINTAR) Tanoto Foundation, di Ruang Bupati, Selasa (16/3). 

TRIBUNJATENG.COM - “Saya sudah berkeliling di sekolah binaan Tanoto Foundation di Kabupaten Kendal. Saya melihat program ini perlu diaplikasikan ke sekolah selain mitra,” kata Bupati Kendal Dico M Ganinduto saat menerima kunjungan kolaboratif perwakilan Program Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran (PINTAR) Tanoto Foundation, di Ruang Bupati, Selasa (16/3/2021). 

Bupati Dico menyampaikan bahwa inovasi yang telah dilakukan saat ini perlu ektra ditingkatkan, apalagi semasa pandemi.

Dinas pendidikan dan Tanoto Foundation harus ektra melakukan inovasi.

Karena tantangan dalam masa pandemi semakin kompleks, khususnya dalam motivasi belajar. 

“Kepala Disdikbud agar bisa berdiskusi dan berkolaborasi lebih intens. Bentuk upayanya adalah melakukan extra inovasi yang bisa dilakukan agar potensi potensi-potensi siswa bisa terus tergali. Misalnya seperti budaya baca yang bagus seperti laporan yang disampaikan sebelum pandemi. Maka bisa diberikan pendampingan agar tersalurkan secara maksimal. Harapannya siswa akan tertarik dan termotivasi agar mau membaca kembali,” katanya. 

Menanggapi arahan Bupati tersebut, Koordinator Tanoto Foundation Provinsi Jawa Tengah, Dr Nurkolis MM menyampaikan bahwa di tahun 2021 nanti akan ada banyak inovasi yang dilakukan.

Misalnya pelatihan dan pendampingan yang dilakukan dalam jangka waktu lebih lama dan akan dibuatkan sebuah sistem yang diberi nama Modle Learning Management Sistem (LMS).

Hal tersebut akan membantu capaian guru melakukan aktivitas belajar mengajar secara terpantau dan terukur. 

“Di tahun 2021 beberapa inovasi telah kita siapkan. Baik dalam hal konten maupun alatnya. Dalam segi konten pendampingan akan dilakukan lebih intensif. Sedangkan dalam hal alat akan ada sistem LMS atau learning management sistem. Kami berharap guru akan terfasilitasi dengan alat ini,” jelasnya.

Doktor manajemen pendidikan ini juga mengungkapkan bahwa di tahun 2021 ada program baru yaitu parents engagement. Program ini mulai April akan diluncurkan.

Halaman
12
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved