Breaking News:

Berita Kabupaten Tegal

Manfaatkan Limbah Handuk dan Kain, Kuswanto Bisa Ciptakan Pot Bunga Aestetik Berbagai Ukuran

"Saya memulai usaha pot dari bahan handuk dan kain bekas ini sejak pandemi Covid-19 dan sudah tidak bekerja di tempat sebelumnya

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Berawal dari melihat  limbah handuk dan kain milik sang ibu yang berserakan begitu saja, membuat Kuswanto (44) akhirnya tercetus ide untuk memanfaatkannya sebagai bahan dasar pembuatan pot bunga kemudian dipasarkan.

Memulai usaha pembuatan pot bunga dari limbah handuk sejak pertengahan tahun 2020, Kuswanto mengaku hanya bermodalkan semen, handuk atau kain bekas, dan cat minyak ukuran 100 cc.

Tentu diperkuat dengan jiwa seni yang sudah ia miliki sejak masih muda dulu.

Awal mencoba membuat pot dari bahan tak biasa ini pun tidak berjalan mulus, karena Kuswanto benar-benar mencari takaran dan cara yang pas supaya pot nya awet tidak mudah pecah.

Hingga pada akhirnya ia berhasil menemukan cara dan takaran yang pas, sehingga saat ini bisa membuat pot dari ukuran kecil sampai besar dengan berbagai model menyesuaikan selera konsumen.

"Saya memulai usaha pot dari bahan handuk dan kain bekas ini sejak pandemi Covid-19 dan sudah tidak bekerja di tempat sebelumnya.

Modal sedikit ketertarikan di dunia seni dan melihat apa yang sedang tren, akhirnya saya dengan modal kurang dari Rp 100 ribu mencoba membuat pot bunga.

Meski sempat beberapa kali gagal, tapi saya tidak menyerah dan alhamdulillah peminatnya lumayan," ungkap Kuswanto, saat ditemui Tribunjateng.com di rumahnya, Kamis (18/3/2021).

Setiap hari, Kuswanto memproduksi pot bunga di rumahnya yang beralamat di Desa Tangkilan, Legok, RT 01/RW 04, Kecamatan Margasari, Kabupaten Tegal.

Tanpa bantuan karyawan dan bekerja seorang diri, ia bisa menghasilkan puluhan pot bunga bergantung pesanan dari customer nya.

Halaman
123
Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved