Breaking News:

Berita Blora

Program Terpadu Keamanan Pangan dari BBPOM Direspons Positif Pemkab Blora

Pemerintah Kabupaten Blora merespons positif tawaran program terpadu keamanan pangan dari Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Semarang

TribunJateng.com/Rifqi Gozali
Penyerahan cinderamata dari Pemkab Blora kepada Kepala BBPOM Semarang seusai audiensi. 

TRIBUNJATENG.COM, BLORA - Pemerintah Kabupaten Blora merespons positif tawaran program terpadu keamanan pangan dari Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Semarang.

Program tersebut diharapkan menjadi ajang edukasi bagi masyarakat untuk turut mengawasi peredaran makanan agar terhindar dari bahan berbahaya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Blora, Komang Gede Irawadi, mengatakan, dalam program tersebut terdapat dua desa, satu pasar, dan 50 sekolah yang akan disasar.

Artinya, dua desa tersebut akan diintervensi oleh BBPOM terkait pengawasan pangannya melalui edukasi kepada masyarakat desa. Begitu juga untuk pasar maupun sekolah.

"Sekarang ini masyarakat dan sekolah juga banyak yang belum memahami menjaga keamanan pangan.

Tadi juga kami diskusikan ternyata boraks juga banyak," ujar Komang seusai audiensi dengan BBPOM Semarang dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah di lingkup Pemkab Blora di ruang kerja Sekda, Kamis (18/3/2021).

Komang melanjutkan, tindak lanjut dari program tersebut nantinya masyarakat memahami bagaimana cara mendaftarkan produk pangan olahan industri rumah tangga agar mendapat legalitas P-IRT dari Dinas Kesehatan.

"Jangan sampai makanan-makanan mengandung yang tidak aman. Harapan ke depan masih terjadi sinergitas (dengan BBPOM)," ujar dia.

Sementara itu, Kepala BBPOM Semarang I Gusti Ayu Adhi Aryapatni, mengatakan, program terpadu kemanan pangan tersebut meliputi gerakan keamanan pangan desa, pasar aman, dan pangan jajan anak sekolah.

Gerakan keamanan pangan desa, kata Aryapatni, pihaknya akan mengintervensi selama 10 bulan pengawasan pangan di dua desa. Dalam praktiknya akan dibentuk kader keamanan pangan desa yang meliputi PKK maupun Karang Taruna.

Halaman
12
Penulis: Rifqi Gozali
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved