Breaking News:

Berita Kabupaten Pekalongan

Ruas Jalan Wiradesa - Paninggaran Saatnya Dibetonisasi, Antisipasi Exit Tol Bojong

Cuaca ekstrem yang melanda wilayah Kabupaten Pekalongan beberapa bulan terakhir membuat sejumlah ruas jalan berlubang

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: muslimah
Istimewa
Petugas DPU Bina Marga Cipta Karya Jawa Tengah saat menambal jalan berlubang di ruas Wiradesa, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Cuaca ekstrem yang melanda wilayah Kabupaten Pekalongan beberapa bulan terakhir membuat sejumlah ruas jalan berlubang.

Meski berulang kali dilakukan perbaikan untuk penambalan jalan, tapi tak bertahan cukup lama. Untuk itu, ruas Jalan Provinsi Wiradesa - Paninggaran, Kabupaten Pekalongan sudah saatnya untuk dibetonisasi.

Hal tersebut diungkapkan, perwakilan Balai Pengelolaan Jalan Wilayah Pekalongan pada DPU Bina Marga Cipta Karya Jawa Tengah, Adi Prasetya.

"Cuaca ekstrem membuat ruas jalan cepat berlubang. Padahal petugas dilapangan selalu melakukan perbaikan dengan menambal lubang jalan agar kerusakan tidak begitu parah."

"Bahkan, sekelas jalan tol berbayar saja ampun sulitnya menghadapi cuaca ekstrem ini. Padahal perbaikan yang terus dilakukan terutama pada ruas jalan yang berlubang," kata Ady saat dihubungi Tribunjateng.com, Kamis (18/3/2021).

Dikatakannya dengan melihat kontur tanah apalagi sering terkena air, untuk jalan Wiradesa-Bojong-Kajen - Paninggaran hingga perbatasan Banjarnegara sudah waktunya untuk peningkatan.

Yakni melalui betonisasi atau rigid, seperti di ruas jalan provinsi terletak di Kesesi. 

"Ruas jalan Wiradesa sampai Kalibening sudah saatnya dibeton. Itu juga untuk antisipasi dibukanya exit Tol Bojong."

"Jadi, peningkatan struktur itu dibutuhkan untuk mengantisipasi meningkatan beban lalulintas," imbuhnya.

Ady mengungkapkan, sebelum adanya Covid-19, Bina Marga Provinsi sebenarnya sudah pernah menganggarkan untuk peningkatan jalan.

Namun dengan wabah tersebut terkena recofusing sehingga harus ditunda. 

"Dulu sudah masuk Perpres no 79 tahun 2019 untuk peningkatan jalan Wiradesa sampai Kalibening. Namun sayang ada covid-19. Mudah mudahan setelah wabah usai bisa terealisasi," ungkapnya. (Dro)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved