Breaking News:

Suara Bergetar Bacakan Nama Baru April, Hetty: Doakan Lanang Jadi Lelaki Seutuhnya

Saya ini seorang ibu yang selalu mendoakan anak-anaknya yang baik-baik. Nah saya ingin memberi nama untuk Manganang, kalau Manganang mau

Instagram/ApriliaManganang07
Aprilia Manganang namanya berubah jadi Lanang 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Aprilia Manganang kini memiliki nama baru. Nama baru tersebut merupakan pemberian dari istri Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Hetty Andika Perkasa, setelah mantan atlet bola voli putri Indonesia itu dinyatakan resmi sebagai laki-laki.

"Saya ini seorang ibu yang selalu mendoakan anak-anaknya yang baik-baik. Nah saya ingin memberi nama untuk Manganang, kalau Manganang mau. Mau saya kasih nama?" ujar Hetty dalam kanal YouTube TNI AD, Kamis (18/3/2021). "Siap, mau" jawab Aprilia.

Hetty kemudian memberikan nama baru untuk prajurit TNI AD yang telah diumumkan berganti identitas dari perempuan ke laki-laki itu. "Saya kasih namanya dengan doa. Jadi saya kasih nama Manganang, Lanang. Lanang itu lelaki, itu bahasa Jawa. Jadi saya berharap dengan nama Lanang ini Manganang jadi lelaki sejati," ucap Hetty.

Sambil terisak dan suaranya yang bergetar, Hetty mengungkapkan pemberian nama itu tak ubahnya sebagai sebuah doa untuk Aprilia agar menjadi lelaki sejati sesuai dengan kodratnya. "Saya kemarin bilang ke bapak [Andika Perkasa], saya ingin bapak mendidik Lanang, untuk menjadi lelaki yang bisa jadi kebanggaan saya. Memilih nama ini tidak gampang, karena ini doa saya, mendoakan kamu, supaya menjadi lelaki sejati. Lelaki sejati sesuai kodrat Tuhan untuk kamu, karena kamu lahir sebagai lelaki. Saya dan bapak ingin membantu kamu," sambung Hetty kepada Aprilia.

Sebelumnya, Aprilia Manganang yang kini menjadi prajurit TNI AD dinyatakan menderita penyakit hipospadia. Hipospadia adalah kondisi langka ketika lubang kencing penis ada pada bagian bawah dan bukannya di ujung. Hipospadia adalah kondisi bawaan yang relatif jarang. Kebanyakan kelainan ini tidaklah parah. Akan tetapi, kasus Aprilia Manganang termasuk dalam kategori 10 persen yang serius, sehingga butuh penanganan serius.

Kelainan yang diidap Aprilia itu kemudian mendapat perhatian TNI, tempatnya mengabdi sejak 2016 silam. Jenderal TNI Andika Perkasa pun membantu April agar kelainan ini bisa ditangani dengan baik. April lantas menjalani corective surgery atau bedah korektif untuk memperbaiki kondisi kelainan kelamin yang dideritanya itu. April menjalani operasi pertama di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, dengan sukses. Rencananya, ada satu operasi lagi yang akan dijalani Aprilia Manganang.

Sebelum menjadi prajurit TNI berpangkat sersan dua, Aprilia telah malang-melintang di dunia bola voli nasional. Selain memperkuat sejumlah klub, ia juga sempat menjadi bagian dari Timnas Voli Putri Indonesia dengan raihan tiga medali SEA Games.

Kini setelah dinyatakan sebagai laki-laki, Aprilia berencana mengganti status identitas sekaligus mengubah nama. Sidang perdata penetapan perubahan nama dan status jenis kelamin Aprilia akan digelar di Pengadilan Negeri Tondano, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, Jumat (19/3).(tribun network/git/dod)

Editor: rustam aji
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved