Breaking News:

Berita Sragen

Sempat Terbengkalai, Dua Situs Budaya di Sragen Akhirnya Jadi Elok Kembali

Situs Arca Durga Mahesa Suramardhini dan pemugaran makam Mbah Mendung di Kecamatan Sidoharjo diresmikan.

Tribun Jateng/Mahfira Putri Maulani --
Peresmian situs Arca Durga Mahesa Suramardhini di kompleks Pasar Bunder Sragen oleh Dandim Sragen Letkol Infanteri Anggoro Heri Pratikno, Jumat (19/3/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Situs Arca Durga Mahesa Suramardhini di kompleks Pasar Bunder Sragen dan pemugaran makam Mbah Mendung di Kecamatan Sidoharjo diresmikan.

Peresmian dilakukan oleh Dandim Sragen Letkol Infanteri Anggoro

Peresmian situs Arca Durga Mahesa Suramardhini di kompleks Pasar Bunder Sragen oleh Dandim Sragen Letkol Infanteri Anggoro Heri Pratikno, Jumat (19/3/2021).
Peresmian situs Arca Durga Mahesa Suramardhini di kompleks Pasar Bunder Sragen oleh Dandim Sragen Letkol Infanteri Anggoro Heri Pratikno, Jumat (19/3/2021). (Tribun Jateng/Mahfira Putri Maulani --)

Heri Pratikno. Dandim langsung mendatangi kedua situs bersejarah itu, Jumat (19/3/2021).

Peresmian arca dilakukan dengan memotong pita dan penandatanganan prasasti, sedangkan peresmian makam  Mbah Mendung dilakukan dengan sederhana yakni doa bersama warga patihan.

Sebelumnya diberitakan Tribunjateng.com Kodim 0725/Sragen melakukan pemugaran dan merehab situs arca Durga Mahesa Suramardhini serta makam Mbah mendung yang berada di Desa Patihan Kecamatan Sidoharjo.

Pemugaran kedua situs tersebut dilakukan sejak awal Februari lalu, dan lama pengerjaan atau proses rehab memakan waktu kurang lebih selama satu bulan.

Kondisi Arca Durga Mahesa Suramardhini awalnya dalam keadaan sedikit tertimbun tanah, kotor dan tidak terawat. Oleh Kodim arca tersebut dinaikkan dan diberi gazebo atau rumah kecil.

Sementara Makam Mbah mendung awalnya kurang terawat, atap rumah hanya dari jerami dan sering tergenang air pada sisi luarnya.

Mbah Mendung dipercaya warga setempat adalah Ki Ageng Astagina trah dari Lumajang Jawa timur. Dimakam itu, selain Mbah mendung ada Panembahan Senopati Wira Raharja dan Ki Ageng Cakra Diningrat.

Dandim Sragen dalam kesempatannya mengatakan tujuan dari kegiatan rehab arca Mojo dan Makam Mbah Mendung tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah melestarikan cagar budaya peninggalan nenek moyang di jaman dulu.

Halaman
12
Penulis: Mahfira Putri Maulani
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved