Breaking News:

Spanyol Sahkan UU Legalkan Bunuh Diri

UU itu mengizinkan orang dewasa dengan penyakit serius dan tak tersembuhkan yang menyebabkan penderitaan tak tertahankan memilih mengakhiri hidupnya.

ilustrasi 

TRIBUNJATENG.COM, MADRID - Spanyol telah mengeluarkan UU Euntanasia, yang memungkinkan orang mengakhiri hidup mereka sendiri dalam beberapa keadaan.

Majelis rendah parlemen Spanyol menyetujui UU itu dengan dukungan dari partai-partai tengah dan sayap kiri pada Kamis (18/3).

UU itu mengizinkan orang dewasa dengan penyakit serius dan tak tersembuhkan yang menyebabkan penderitaan tak tertahankan untuk memilih mengakhiri hidupnya.

UU itu diperkirakan akan berlaku efektif pada Juni, seperti yang dilansir dari BBC pada Kamis (18/3).

"Hari ini (Kams-Red) kita menjadi negara yang lebih manusiawi, adil, dan bebas," tweet Perdana Menteri Spanyol, Pedro Sanchez, beberapa menit setelah pemungutan suara.

"Hukum eutanasia, secara luas dituntut oleh masyarakat, yang akhirnya dapat terwujud," tambahnya.

Pengesahan UU itu dirayakan oleh aktivis hak untuk mati, tapi mengutuk kelompok konservatif dan religius. Sebelum ada UU, membantu orang untuk mati di Spanyol berpotensi mendapatkan hukuman penjara hingga 10 tahun.

Hukum Spanyol mengizinkan dua cara sukarela yang memungkinkan seseorang mengakhiri hidupnya sendiri, yaitu eutanasia dan bunuh diri dengan bantuan.

Belgia, Luksemburg, Belanda, Kanada, dan Kolombia adalah negara lain yang saat ini telah melegalkan eutanasia.

Parlemen Portugal telah berusaha mengambil langkah yang sama. Namun minggu ini, UU yang berusaha melegalkan eutanasia ditolak, karena dianggap tidak konstitusional oleh pengadilan tinggi negara itu. (Kompas.com)

Editor: Vito
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved