Breaking News:

Berita Demak

Syaekudin Bekali Guru PAI Demak Kompetensi Membuat Media Pembelajaran Berbasis Microsoft Excel

Ketua Musyawarah Guru MGMP PAI SMP Kab Demak Syaekudin tekankan pentingnya media pembelajaran.

Penulis: m zaenal arifin | Editor: sujarwo
Istimewa
Tangkapan layar workshop pembuatan media pembelajaran berbasis Microsoft Excel yang digelar MGMP PAI SMP Kabupaten Demak, kemarin. 

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Ketua Musyawarah Guru MGMP PAI SMP Kab Demak Syaekudin tekankan pentingnya media pembelajaran.

Dengan media pembelajaran, proses pembelajaran akan terasa lebih menyenangkan. Dengan begitu, materi yang disampaikan guru PAI akan mudah diterima oleh siswa.

Karenanya, MGMP PAI Kabupaten Demak mengadakan workshop peningkatan kompetensi guru PAI se Kabupaten Demak secara daring dan luring. Dalam workshop tersebut, para guru PAI dibekali kompetensi pembuatan media pembelajaran berbasis Microsoft Excel.

"Media pembelajaran menjadi salah satu cara yang efektif dalam menyampaikan materi pelajaran. Siswa juga dengan mudah menerima pelajaran yang disampaikan guru," kata Syaekudin, dalam keterangannya, Kamis (18/3/2021).

Pria yang juga instruktur nasional AGPAII Digital itu menjelaskan tahap demi tahap proses pembuatan media pembelajaran menggunakan Microsoft Excel. Para guru PAI peserta workshop pun mengikutinya secara seksama.

Di samping materi pembuatan media pembelajaran berbasis excel, Syaekudin juga memberikan materi tentang AKM, Penilaian Online dan PJJ, Bedah SKL dan Kisi-Kisi US 2021 serta materi penyusunan perangkat P
Pembelajaran lengkap menyongsong tahun pelajaran 2021/2022.

"Guru PAI juga harus memiliki akun dan SIM PKG, yang mana untuk bisa mengikuti seleksi PPPK khusus untuk guru PAI harus aktif pada empat aplikasi yaitu Emis, Siaga, Dapodik dan Sim PKB," tambahnya.

Workshop tersebut dilaksanakan dalam empat kali pertemuan dengan jumlah peserta sebanyak 200 peserta. Setiap pertemuan diikuti 50 peserta secara tatap muka atau luring dan 150 peserta secara daring dengan menggunakan aplikasi zoom meeting.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Demak, Eko Pringgolaksito menyampaikan, pentingnya guru PAI sebagai penjaga karakter peserta didik terutama di masa pembelajaran daring ini.

Lebih lanjut, Eko mengingatkan pentingnya guru termasuk guru PAI, agar juga membekali diri terkait dengan pemanfaatan media pembelajaran.

"Agar pesan tersampaikan kepada peserta didik, seorang guru dituntut menguasai berbagai media yang menarik," katanya.

Tak lupa, ia berpesan, guru PAI agar membentengi peserta didik dari pemahaman Islam yang radikal yang akan membawa perpecahan di tengah masyarakat. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved