Breaking News:

Berita Karanganyar

Awal Maret Tingkat Hunian Penginapan di Tawangmangu Karanganyar Mulai Meningkat

Tingkat hunian sejumlah penginapan di Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar mengalami peningkatan sejak awal Maret 2021

TribunJateng.com/Agus Iswadi
Petugas melakukan sterilisasi kamar hotel yang ada di Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Tingkat hunian sejumlah penginapan di Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar mengalami peningkatan sejak awal Maret 2021. 

Marketing Communication Nava Hotel Tawangmangu, Devi Susanti menyampaikan, tingkat hunian cenderung mulai mengalami peningakatan setelah adanya beberapa kelonggaran aturan pembatasan kegiatan serta adanya program vaksinasi. 

"Tidak hanya weekend saja tapi weekday juga (ramai). Peningkatan dirasakan mulai Februari. Hari biasa itu sekitar 40-50 kamar yang terisi. Kalau weekend penuh," katanya kepada Tribunjateng.com, Sabtu (20/3/2021).

Dia menjelaskan, tamu berasal dari sekitar wilayah Solo Raya dan sekitarnya seperti Semarang dan Yogyakarta. Kendait demikian, pihak hotel tetap menerapkan protokol kesehatan seperti 5M dan melakukan sterilisasi kamar baik itu sebelum digunakan dan setelah digunakan.  

Peningkatan tingkat hunian ternyata juga dirasakan pengelola Lawu Park. Anggun Nila Monica selaku pengelola mengungkapkan, saat ini di Lawu Park ada 24 kamar dengan beberapa tipe kamar.

"Februari kemarin agak sepi. Maret lumayan ramai. Kalau Februari setiap Sabtu tetap full  tapi weekday sepi. Kalau Maret weekday hampir separuh dari jumlah kamar terisi, kadang lebih. Weekend penuh," ungkapnya.

Selain melakukan sterilisasi kamar sebelum maupun setelah digunakan, pengelola juga menggunkan sistem rolling saat hari biasa. Lanjutnya, misal setelah kamar nomor 1 digunakan lantas keesokan harinya kamar tersebut dikosongkan dan menggunakan kamar nomor 2. 

Sementara itu Penasihat Perhimpunan Hotel dan Resto Indonesia (PHRI) Karanganyar, Karwadi menjelaskan, memang peningkatan tingkat hunian sudah mulai terasa tapi prosentasenya masih rendah. 

"Prosentasenya paling meningkat sekitar 10 persen. Harapannya kedepan semkain meningkat lagi," ucapnya. 

Seiring adanya peningkatan tingkat hunian, dia meminta supaya pengelola tetap menerapkan protokol kesehatan. Di sisi lain, adanya program vaksinasi tentu memberikan efek positif terhadap pengunjung dan pengelola usaha wisata. 

Dia berharap pemerintah daerah lebih genjar lagi untuk mempromosikan objek wisata di Karanganyar. Bahwa objek wisata di Karanganyar merupakan tempat rekreasi yang aman dan nyaman untuk dikunjungi para wisatawan. (Ais).

Penulis: Agus Iswadi
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved