Breaking News:

Berita Banjarnegara

Longsor di Jalan Kabupaten Ruas Pagentan-Pejawaran, Pengendara Diminta Hati-hati

Hujan lebat dengan durasi lama memicu longsor di Desa Majasari Kecamatan Pagentan, Banjarnegara.

Tribun Jateng/Khoirul Muzaki
Longsor bahu jalan dan talud di jalan kabupaten ruas Pagentan-Pejawaran, Kamis (18/3/2021). 

TRIBUNBANYUMAS. COM, BANJARNEGARA - Hujan lebat dengan durasi lama memicu longsor di Desa Majasari Kecamatan Pagentan, Banjarnegara, Kamis (18/3/2021). 

Longsor menimpa talud penopang bahu jalan Kabupaten ruas  Pagentan-Pejawaran.  

Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana Pagentan Ahmad  Wanidi mengatakan, talud yang longsor sepanjang kurang lebih 30 meter.  Bahu jalan pun ikut lenyap terbawa longsor. Material pengaman jalan itu jatuh berserakan ke dasar tebing berkedalaman sekitar 50 meter. 

"Hujan lebat dan waktu yang cukup lama mengakibatkan bahu jalan Kabupaten ruas Pagentan-Pejawaran mengalami longsor, " katanya, Jumat (19/3/2021). 

Ia mengatakan, tidak ada korban jiwa maupun luka akibat insiden itu. Hanya kebun warga yang berada di bawah jalan tertimbun material longsor. 

Akses lalu lintas melalui jalan itu masih dibuka. Tetapi kendaraan yang melintas harus bergantian dengan sistem buka tutup. 

Pasalnya, hanya separuh badan jalan yang masih bisa digunakan.  Adapun separuh jalan dekat pusat longsoran sudah retak dan ambles sehingga tidak boleh dilintasi kendaraan. 

Sementara berbatasan langsung dengan jalan adalah jurang yang cukup dalam. Jalan kabupaten pun ikut terancam karena sudah mengalami keretakan. Potensi longsor susulan masih mungkin terjadi jika hujan lebat kembali turun. 

Camat Pagentan Erwan Adi Priyanto mengatakan, mengingat sebagian badan jalan telah retak, serta tekstur jalan yang licin karena tumpahan material longsor, ia mengimbau kepada pengguna jalan untuk hati-hati. 

"Kendaraan berat kami imbau untuk menghindari jalan ini, " katanya

Ia pun segera melapor ke dinas terkait dan Bupati Banjarnegara terkait kejadian ini untuk penanganan lebih lanjut. Sehingga akses jalan yang juga menghubungkan ke kawasan wisata Dieng itu kembali normal dilintasi kendaraan. 

Polsek Pagentan telah memasang garis polisi sebagai rambu bagi pengguna jalan untuk berhati-hati. Relawan PMI Pagentan dan FPRB Pagentan ikut di lokasi untuk bahu membahu melakukan penanganan. (*)

Penulis: khoirul muzaki
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved