Breaking News:

Berita Semarang

Perkuat Kerjasama Internasional, Unissula Teken MoU dengan Taipei Hospital

Unissula Semarang memperkuat jaringan kerjasama internasional di bidang kesehatan.

Perkuat Kerjasama Internasional, Unissula Teken MoU dengan Taipei Hospital
unissula kerjasama dengan taipei hospital
Penandatanganan MoU antara Unissula Semarang dengan Taipei Hospital yang dilakukan secara daring, kemarin.

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang memperkuat jaringan kerjasama internasional di bidang kesehatan yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) antara Unissula dengan Taipei Hospital, Taiwan, kemarin.

Penandatanganan tersebut dilaksanakan secara daring yang diikuti oleh pimpinan dan pejabat dari kedua institusi. Acara penandatanganan diawali dengan perkenalan seluruh tamu yang hadir di masing-masing pihak.

Delegasi Taipei Hospital dipimpin oleh Shun-Ping Cheng selaku superintendent dengan menghadirkan beberapa direktur program. Sedangkan Unissula dipimpin oleh Bedjo Santoso selaku Rektor Unissula, yang didampingi oleh wakil rektor, dekan dari fakultas-fakultas kesehatan, dan UPT Kerjasama dan Urusan Internasional (KUI).

Bedjo Santoso sangat mengapresiasi adanya kerja sama tersebut. Salah satu tujuannya adalah untuk merangkul empat fakultas kesehatan yang ada di Unissula yaitu Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Ilmu Keperawatan, dan Psikologi, untuk mengembangkan pelaksanaan Tri Dharma melalui kerjasama internasional.

"Kerjasama tersebut agar segera ditindaklanjuti dengan beberapa program seperti visiting professor, joint research, dan joint publication," kata Bedjo, dalam keterangannya, Jumat (19/3/2021).

Sebelum penandatanganan ini dilakukan, Taipei Hospital sudah terlibat dalam beberapa kegiatan kolaborasi dengan Fakultas Ilmu Keperawatan Unissula. Terbaru, pada Maret 2021 yang lalu, kedua pihak telah sukses menyelenggarakan seminar internasional bersama.

"Diharapkan akan banyak kegiatan kolaborasi di masa mendatang," harap Bedjo.

Dalam sambutannya, Shun-Ping Cheng juga menyambut baik kerja sama antara kedua institusi itu. Taipei Hospital mempunyai sebuah badan yang bernama Taiwan International Healthcare Training Centre (TIHTC). Melalui TIHTC, Taipei Hospital telah melatih sebanyak 1.800 tenaga kesehatan internasional dari 71 negara.

"Diharapkan agar ke depan lebih banyak tenaga kesehatan professional dari Indonesia, khususnya dari Unissula yang bisa bergabung ataupun berkolaborasi dengan TIHTC," katanya. (*)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved