Breaking News:

Berita Semarang

Safin Pati Football Academy Gandeng FIK UNNES untuk Kembangkan Sport Science

Safin Pati Football Academy (SPFA) secara resmi bekerjasama dengan FIK Universitas Negeri Semarang.

Istimewa
Pembina Yayasan Safin Bina Bangsa, Saiful Arifin, dan Dekan FIK Unnes, Dr Tandiyo Rahayu, menandatangani nota kesepahaman terkait kerja sama antara Safin Pati Football Academy dan FIK Unnes, Kamis (18/3/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Safin Pati Football Academy (SPFA) secara resmi bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Semarang (Unnes) terkait pengembangan sport science.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatangana

Pembina Yayasan Safin Bina Bangsa, Saiful Arifin, dan Dekan FIK Unnes, Dr Tandiyo Rahayu, menandatangani nota kesepahaman terkait kerja sama antara Safin Pati Football Academy dan FIK Unnes, Kamis (18/3/2021).
Pembina Yayasan Safin Bina Bangsa, Saiful Arifin, dan Dekan FIK Unnes, Dr Tandiyo Rahayu, menandatangani nota kesepahaman terkait kerja sama antara Safin Pati Football Academy dan FIK Unnes, Kamis (18/3/2021). (Istimewa)

n MoU di asrama SPFA, Kamis (18/3/2021).

Penandatanganan dilakukan oleh Pembina Yayasan Safin Bina Bangsa, Saiful Arifin, dan Dekan FIK Unnes, Dr Tandiyo Rahayu.

Saiful Arifin berharap kerja sama ini menjadi pintu bagi siswa SPFA dan mahasiswa Unnes untuk mempersiapkan diri menatap masa depan.

“Bagi siswa SMA lulusan SPFA, terbuka jalan untuk melanjutkan pendidikan bangku kuliah di kampus Unnes. Sedangkan bagi mahasiswa FIK Unnes, SPFA akan menjadi mitra magang/praktik kerja lapangan bagi mahasiswa di beberapa program studi,” kata pria yang juga menjabat sebagai Wakil Bupati Pati ini, Jumat (19/3/2021).

Secara spesifik, prodi yang dimaksud adalah prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga (S1), Ilmu Keolahragaan (S1), dan Ilmu Gizi (S1). 

Ia menyebut, kerja sama ini berjalan mulai tahun ajaran baru 2021/2022 mendatang.

“Harapan kami, ada sinergitas antara Unnes yang dikenal punya Fakultas Ilmu Keolahragaan yang berkualitas dengan SPFA. Sehingga untuk SPFA, siswanya tidak hanya dimatangkan jadi atlet, namun juga pendidikan formalnya tetap dapat diperhatikan,” ucap pria yang akrab disapa Safin ini.

Sementara, CEO SPFA, Rudy Eka Priyambada mengaku antusias dengan kerja sama yang terjalin. “Bersama FIK Unnes, SPFA akan membangun sport science untuk meningkatkan performance player dan tim,” ungkap dia.

Untuk diketahui, saat ini SPFA memiliki siswa-siswa yang duduk di bangku SD, SMP, dan SMA yang masuk dalam kategori U-13, U-15 dan U-17. Siswa-siswa SPFA berasal dari berbagai penjuru nusantara, mulai dari Sumatera hingga Papua.

Dekan FIK Unnes, Dr Tandiyo Rahayu mengatakan, pihaknya berharap pada SPFA dan Kabupaten Pati sebagai laboratorium lapangan untuk kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

“FIK Unnes akan memberikan dukungan dengan memfasilitasi SPFA dalam penyelenggaraan pendidikan atlet, evaluasi performa atlet secara berkala, dan lain sebagainya,” kata dia.

Adapun dukungan penguatan keilmuan yang akan diberikan mulai dari hal gizi atlet, pembinaan fisik atlet, evaluasi hasil latihan, biomekanika olahraga, psikologi olahraga, fisiologi olahraga, sport massage, hingga sport management dan sport event organizer. (*)

Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved