Breaking News:

Berita Banjarnegara

Alumni Ngruki di Banjarnegara Melawan Stigma Teroris

Ponpes Al Mukmin Ngruki, Sukoharjo yang jadi tempat tinggal Abu Bakar Baasyir acap jadi sorotan publik. 

Istimewa
Komandan Korem (Danrem) 074/Warastratama, Kolonel Inf Rano Tilaar ketika mengunjungi Ustaz Abu Bakar Baasyir di Ponpes Al Mukmin Ngruki Sukoharjo, Sabtu (23/1/2021). 

TRIBUNBANYUMAS. COM, BANJARNEGARA - Pondok pesantren (ponpes) Al Mukmin Ngruki, Sukoharjo Jawa Tengah yang menjadi tempat tinggal Abu Bakar Baasyir acap menjadi sorotan publik. 

Beberapa alumnus Ngruki yang terlibat dalam serangkaian aksi terorisme membuat nama pesantren itu ikut tercoreng. 

Stigma terhadap pesantren Ngruki yang dikaitkan dengan ideologi radikal masih melekat di benak sebagian masyarakat. 

Padahal, belum tentu ada kaitan aksi terorisme yang dilakukan oknum alumnus dengan sistem pendidikan yang berkembang di pesantren itu. 

Salah satu pengurus alumni, ustaz Jamaludin keberatan jika alumni Ngruki diidentikkan dengan terorisme atau perilaku radikal.  

Menurut dia, alumni Ngruki tidak semua fanatis seperti anggapan sebagian orang. Jikapun ada alumnus yang punya ideologi radikal, ia menyebut mereka adalah oknum.  Perilaku oknum itu bukan berarti cerminan alumni Ponpes Ngruki yang jumlahnya ribuan orang. 

"Ada sebagian masyarakat yang memandang sosok alumni Ngruki identik dengan terorisme dan radikal. Padahal itu hanya perilaku oknum dan bukan cerminan dari alumni," ujarnya, kemarin (19/3/2021) 

Polres Banjarnegara bersama Alumni  Ponpes Al Mukmin Ngruki Banjarnegara mengadakan diskusi bertajuk "Memperkuat Nasionalisme dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara" di Ponpes Darul Ulum Khutab Desa Sumberejo Batur, Jum'at (19/3/2021).

Menurut Jamaludin, alumni Ngruki berkiprah di tengah masyarakat sesuai bidang keahliannya. Ia mencotohkan, alumni Ngruki di Kecamatan Batur yang banyak mengisi berbagai bidang keahlian.

"Mulai dari pendidikan, pemerintahan, pertanian, perdagangan. Kami selalu berusaha bermanfaat bagi masyarakat," tandasnya.

Halaman
12
Penulis: khoirul muzaki
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved