Breaking News:

Berita Karanganyar

Termasuk Wilayah Rawan Longsor, Pemdes Gerdu Budidayakan Rumput Vetiver

Pemdes Gerdu Kecamatan Karangpandan, Karanganyar membudidayakan rumput vetiver atau akar wangi.

Istimewa
Rumput vetiver yang dibudidayakan di Desa Gerdu Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Pemerintah Desa (Pemdes) Gerdu Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar membudidayakan rumput vetiver atau akar wangi guna mengatasi permasalahan longsor di wilayahnya.

Kades Gerdu, Very Kurnianto menyampaikan, wilayah Desa Gerdu memang wilayah rawan tanah longsor karena beberapa daerah termasuk tanah gerak. Seperti di wilayah kebayanan Ngeldok dan Dukuh Gondangrejo.

Hingga akhirnya pihak desa mendapatkan bantuan rumput vetiver dari BPBD Karanganyar. Lantaran jumlahnya terbatas, pemerintah desa akhirnya insiatif membudidayakannya sejak tahun lalu.

"Dulu belum banyak. Ini dibudidayakan di tanah kas desa. Rencana kalau sudah berkembang saya tanam di daerah longsor, mungkin daerah lain yang membutuhkan juga bisa," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Sabtu (20/3/2021). 

Rumput tersebut dibudidayakan di atas tanah kas desa seluas 1.000 meter persegi. Dahulu tanah kas desa itu merupakan lahan kosong.

Very menuturkan, manfaat dari tanaman yang dapat mencegah longsor itu kini sudah dirasakan oleh warga sekitar maupun  warga daerah lain.

Selain ditanam di titik yang berpotensi longsor di wilayah Gerdu, relawan dari wilayah lain seperti di Kecamatan Ngargoyoso juga memanfaatkannya untuk ditanam di lokasi rawan longsor. 

"Setiap musim penghujan itu ada longsoran di wilayah Gerdu tapi akhir-akhir ini sudah minim," ucap Very.

Dia menuturkan, bagi masyarakat ataupun relawan yang membutuhkan rumput vetiver untuk ditanam di wilayahnya dapat berkoordinasi dengan pemerintah desa. 

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Karanganyar, Hartoko mengungkapkan, rumput vetiver dapat menahan pergerakan tanah karena akarnya dapat mencapai kedalaman tanah sekitar 3 meter. 

"Kalau sudah umur sekitar satu tahun, akarnya bisa memanjang sekitar 3 meter," terangnya. 
Sehingga guna meminimalisir potensi longsor, lanjutnya, rumput tersebut dapat ditanam di daerah rawan longsor. (*)

Penulis: Agus Iswadi
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved