Breaking News:

UNS Surakarta

Peneliti UNS Solo Rancang Robot Asisten Multifungsi, Bantu Nakes Tangani Covid-19,

Penggunaan Roba juga mengurangi kontak fisik Nakes dengan pasien Covid-19, sehingga meminimalkan risiko penularan dan penyebaran virus.

IST
Sejumlah peneliti UNS Surakarta berhasil merancang teknologi inovatif yang diberi nama Robot Asisten (Roba) Multifungsi. 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Sejumlah peneliti Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil merancang teknologi inovatif yang diberi nama Robot Asisten (Roba) Multifungsi.

Yakni robot yang difungsikan untuk menjadi asisten Tenaga Kesehatan (Nakes) dalam pelayanan serta penanganan pasien Covid-19.

Tim peneliti terdiri dari Prof. Hartono, Ubaidillah, Ph.D, Dr. Sholihin As’ad, Hari Maghfiroh, S.T., M.Eng, M.Sc., dan Joko Slamet Saputro, S.Pd., M.T.  menginisiasi Roba sejak April 2020 lalu dengan beberapa tujuan.

Pertama, menghemat penggunaan Nakes.

Pandemi Covid-19 memang membutuhkan pelayanan ekstra dari para Nakes sebagai garda depan.

Namun, jumlah Nakes yang terbatas tentu mengharuskan adanya bantuan tenaga dan inovasi.

“Penggunaan Roba juga mengurangi kontak fisik Nakes dengan pasien Covid-19, sehingga meminimalkan risiko penularan dan penyebaran virus. Hal ini dapat mengurangi penggunaan Alat Perlindungan Diri (APD),” ujar Hari Maghfiroh.

Hari menambahkan, ide robot ini terinspirasi dari pengalaman Ubaidillah yang merupakan Ketua Tim.

Ubaidillah pernah kesulitan mengantarkan barang bagi kerabatnya yang saat itu menjalani perawatan sebagai pasien Covid-19 di rumah sakit.

Dibutuhkan waktu tiga jam untuk mengantar barang dari lobi rumah sakit hingga kamar pasien karena harus melewati beberapa perawat.

Halaman
123
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved