Breaking News:

Berita Semarang

Unnes Terima 2.765 Mahasiswa Baru Melalui Jalur SNMPTN

Unnes terima 2.765 mahasiswa baru melalui jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN).

Istimewa
Kampus Unnes 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Universitas Negeri Semarang (Unnes) menerima 2.765 mahasiswa baru melalui jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) yang diumumkan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Senin (22/3/2021).

Unnes menempati peringkat 2 sebagai Perguruan Tinggi Negeri Terbanyak yang menerima pendaftar SNMPTN 2021. Peringkat pertama diduduki Universitas Brawijaya dengan jumlah pendaftar yang diterima 4.446 mahasiswa.

Pada proses pendaftaran SNMPTN tahun ini, terdapat 40.778 calon mahasiswa baru yang mendaftar di Unnes. Dari jumlah itu, 20.313 pendaftar menempatkan Unnes sebagai pilihan pertama dan 20.465 pendaftar menempatkan Unnes pada pilihan kedua. Di samping itu, 8.097 pendaftar dengan beasiswa KIP Kuliah.

"Dari total pendaftar, 2.765 pendaftar dinyatakan lolos melalui jalur SNMPTN dan sebanyak 401 pendaftar dinyatakan lolos dengan beasiswa KIP Kuliah," kata Rektor Unnes, Fathur Rokhman.

Fathur menyampaikan selamat kepada calon mahasiswa baru yang diterima melalui jalur SNMPTN tahun ini. Yang belum dinyatakan lulus, katanya, masih berkesempatan masuk Unnes melalui tahapan seleksi berikutnya yaitu UTBK-SBMPTN.

"Selamat bergabung di Unnes. Gunakan kesempatan untuk menimba ilmu untuk meraih cita-cita dan membangun bangsa," pesan Fathur.

Selain menjadi PTN peringkat 2 dengan pendaftar yang diterima, program studi (Prodi) Farmasi Unnes juga menepati urutan 9 dalam Prodi Saintek Terketat 2021 jalur SNMPTN dengan presentasi keketatan 1:68.

Dengan jumlah pendaftar jaluk SNMPTN masuk ke Unnes sebanyak 40.778 calon mahasiswa baru, menempatkan posisi Unnes secara nasional pada posisi ke-4 sebagai PTN terfavorit. Pada tahun 2020 lalu Unnes berada pada peringkat ke-5 sebagai PTN terfavorit se-Indonesia.

Dalam pengumuman hasil SNMPTN 2021 secara daring, Ketua tim pelaksana LTMPT, Mohammad Nasih mengatakan, cara melihat hasil seleksi SNMPTN 2021 bisa diakses melalui laman http://pengumuman-snmptn.ltmpt.ac.id/. Untuk masuk laman, pendaftar diharuskan memasukkan nomor pendaftaran dan dan tanggal lahir.

"Jika pendaftar dinyatakan lulus seleksi SNMPTN 2021, maka akan muncul tulisan Selamat! Anda dinyatakan lulus seleksi SNMPTN 2021", kata Nasih.

Hanya saja, setelah pengumuman SNMPTN 2021 ini masih ada proses yang harus dilakukan setiap pendaftar yang lulus di masing-masing perguruan tinggi penerima. Perguruan tinggi berhak menolak peserta SNMPTN yang diketahui melakukan kecurangan.

Nasih menambahkan, khusus peserta KIP Kuliah, perguruan tinggi juga dapat melakukan verifikasi data ekonomi dan melakukan kunjungan tempat tinggal sebelum menetapkan pendaftar SNMPTN sebagai mahasiswa yang diterima.

"Ini juga penting, jangan sampai ada yang kaya tetapi mengaku miskin dan minta KIP Kuliah. Sehingga nanti akan dievaluasi dan status KIP Kuliahnya akan ditolak," jelasnya.

Namun yang terpenting, kata Nasih, bagi peserta SNMPTN yang dinyatakan lulus seleksi diminta untuk segera melakukan pendaftaran ulang pada perguruan tinggi tujuan atau perguruan tinggi penerima dengan terlebih dahulu mempelajari peraturan tentang penerimaan mahasiswa baru (PMB) perguruan tinggi tujuan. (*)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved