Breaking News:

Diperluas, Relaksasi PPnBM 0% untuk Mobil 2.500 CC Berlaku April

pemerintah tengah menyiapkan aturan final terkait dengan relaksasi PPnBM 0 persen untuk mobil hingga 2.500 cc.

Editor: Vito
ANTARA FOTO/Wahyu Putro
Menteri Keuangan Sri Mulyani 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyatakan bahwa pemerintah segera menyiapkan aturan final terkait dengan relaksasi Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah (PPnBM) 0 persen untuk mobil hingga 2.500 cc.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, pihaknya akan mengeluarkan aturan PPnBM tersebut dan berlaku mulai April 2021.

"Mengenai PPnBM 2.500 cc, kami sedang dalam posisi di dalam proses untuk finalisasi Peraturan Menteri Keuangan (PMK). Nanti bisa berlaku mulai bulan April," ujarnya, daka konferensi pers 'APBN Kita', Selasa (23/3).

Sri Mulyani sempat menyampaikan, pemberian diskon PPnBM pada mobil golongan terkait hanya berlaku untuk mobil dengan TKDN-nya 70 persen ke atas.

Jika tidak bisa mencapainya, tarif PPnBM berlaku normal, yakni 10-30 persen, tergantung tipe dan emisi gas buang yang dihasilkan. Namun, tidak sedikit produsen yang meminta keringanan batas komponen itu.

Adapun, tujuan perluasan pemberian insentif PPnBM diberikan atas dasar arahan Presiden Joko Widodo supaya industri otomotif nasional serta turunannya dapat lebih cepat mengalami pemulihan akibat pandemi.

Sri Mulyani menyampaikan, ekstra insentif dilatarbelakangi karena industri kendaraan bermotor dan turunannya merupakan satu industri yang terpukul cukup dalam selama pandemi covid-19.

Seperti diketahui, per 1 Maret 2021 pemerintah menerapkan relaksasi PPnBM untuk mobil 1.500 cc. Adanya relaksasi tersebut memicu peningkatan penjualan mobil, terutama yang masuk persyaratan, lantaran harganya yang terkoreksi mulai belasan juta hingga puluhan juta rupiah.

Terkait dengan rencana perluasan relaksasi PPnBM 0 persen untuk mobil hingga 2.500 cc, Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Kukuh Kumara menyatakan dukungannya.

"Kalau ini diperluas kami tentu gembira sekali. Relaksasi PPnBM yang kemarin diberikan untuk mobil 1.500 cc saja kami sangat berterimakasih, karena tampaknya ini disambut baik oleh masyarakat," tuturnya.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved