Breaking News:

Berita Semarang

Ganjar: Vaksinasi Sopir Tunggu Kepastian Mudik dari Pemerintah Pusat

Pemprov Jateng berencana lakukan vaksinasi terhadap para sopir angkutan umum untuk mudik Lebaran 2021.

Istimewa
Gubernur Ganjar (kiri) saat menerima puluhan unit alat tes covid, GeNose dari Universitas Gajah Mada (UGM) di rumah dinas gubernur baru-baru ini. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berencana akan melakukan vaksinasi terhadap para sopir angkutan umum untuk keperluan mudik Lebaran 2021.

Upaya ini dilakukan sebagai antisipasi pencegahan penyebaran Covid 19 saat tingginya mobilitas masyarakat pada mudik.

Namun demikian, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo masih menunggu kepastian dari pemerintah pusat apakah mudik diperbolehkan atau tidak saat masa pandemi ini.

"Belum ada keputusan. Pekan kemarin rapat dengan Menko Perekonomian, ada mudik atau tidak, masih mengikuti kondisi dinamika covid," kata Ganjar, Selasa (23/3/2021).

Pemerintah pusat, kata dia, saat ini masih mengikuti perkembangan Covid 19. Karenanya, Pemerintah Provinsi Jateng belum memberikan vaksinasi massal terhadap pengendara angkutan umum.

Meski belum ada keputusan dari pusat, kata dia, namun pihaknya mengaku tetap siap melakukan sejumlah upaya untuk antisipasi dan pencegahan.

"Sampai saat ini, tidak ada pelarangan mudik, namun belum ada keputusan, belum jelas. Namun kami selalu siap, menyiapkan plan A, B, dan C," tandasnya.

Hal senada juga dikatakan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jateng, Yulianto Prabowo. Ia mengatakan masih menunggu kebijakan pemerintah pusat terkait mudik lebaran.

"Belum ada instruksi dari pusat. Kami masih menunggu rapat teknis yang dilakukan pusat. Setelah itu, kami baru bisa bergerak," kata Yulianto yang juga menjabat Plt Asisten Bidang Kesra.

Jika pemerintah pusat sudah mengambil keputusan, maka pemerintah daerah baru bisa mengambil langkah yang diperlukan untuk mencegah penyebaran Covid 19 semisal vaksinasi. (*)

Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved