Breaking News:

Berita Semarang

Lulus Pendidikan Profesi dari P4M, Pengacara Ini Siap Bantu Permasalahan Hukum Pasar Modal

P4M bersama PT Sumber Daya Manusia Konsultan gelar pendidikan profesi konsultan hukum pasar modal dasar.

Penulis: m zaenal arifin
Editor: sujarwo
Istimewa
Pengacara Henry Indraguna 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pusat Pendidikan Profesional Pasar Modal (P4M) bekerjasama dengan PT Sumber Daya Manusia Konsultan menyelenggarakan pendidikan profesi konsultan hukum pasar modal dasar angkatan XXIX tahun 2021.

Satu di antara peserta pendidikan profesi konsultan hukum pasar modal dasar yaitu pengacara kondang Henry Indraguna. Vice President Kongres Advokat Indonesia (KAI) itu telah dinyatakan lulus pendidikan profesi tersebut.

"Dari pelatihan tersebut, saya banyak mendapatkan ilmu mengenai segala aspek hukum yang berhubungan dengan pasar modal," kata Henry, dalam keterangannya, Minggu (21/3/2021).

Henry yang juga Wakil Ketua Pengurus Pusat Badan Advokasi Hukum dan HAM (Bakumham) Kosgoro 1957 itu menuturkan, konsultan hukum pasar modal (KHPM) merupakan profesi hukum khusus yang basisnya hukum pasar modal dan berhubungan dengan saham, obligasi atau surat berharga.

Konsultan Hukum Pasar Modal mengambil andil besar bagi perusahaan yang menjual surat berharganya untuk keperluan penambahan permodalan di bursa saham.

"Tujuan saya untuk membantu masyarakat dalam bidang hukum pasar modal, termasuk mereka yang tidak paham hukum pasar modal dan butuh bantuan untuk menyelesaikan masalah yang menyangkut pasar modal," jelas Henry.

Penasehat Ahli Dewan Pimpinan Pusat Partai Golongan Karya (Golkar) yang tergabung di Lembaga Komunikasi dan Informasi (LKI) itu menyatakan, salah satu tugas KHPM adalah mendampingi perusahaan yang akan go public, penggabungan serta peleburan usaha di lingkungan pasar modal, terutama dari segi hukum. Mengingat pasti terdapat banyak dokumen dan persyaratan yang dibutuhkan untuk keperluan tersebut.

Di samping itu juga membantu lembaga atau profesi lain di pasar modal dalam menangani masalah-masalah hukum seperti notaris, akuntan, manager investasi, penjamin emisi, misalnya dalam negosiasi kontrak dengan pihak lain.

"Dan melakukan kerjasama dengan pemerintah, termasuk Bapepam dalam menyelesaikan berbagai masalah hukum pasar modal dan membantu penyusunan peraturan hukum pasar modal," imbuhnya.

Secara teknis, KHPM bernaung di bawah Himpunan Konsultan Hukum Pasar Modal (HKHPM). Selain itu juga terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku lembaga pengawas lembaga keuangan.

Henry yang juga sedang mengambil Program Studi Doktor (S3) Hukum di Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret (UNS) dan Universitas Borobudur Jakarta ini juga telah lulus sejumlah pelatihan di bidang hukum lainnya dan menyandang berbagai gelar yaitu Adv, Dr (c), KP, Henry Indraguna, SH, MH, CLA, CIL, C.Med, CRA, CTA, CTL, CMLC.

"Dengan ilmu baru saya ini, diharapkan ke depan bisa banyak membantu masyarakat. Apalagi saya tengah mempersiapkan diri untuk maju sebagai anggota DPR RI dari Dapil V Jawa Tengah ( Solo, Boyolali, Klaten dan Sukoharjo) di 2024," pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved