Breaking News:

Berita Kendal

Pengurus Pondok Modern Selamat Kendal Intensifkan Kegiatan Agama Santri

Pengurus Yayasan Pondok Modern Selamat (PMS) Kendal bersiap menyambut Ramadhan tahun ini.

TRIBUNJATENG/SAIFUL MA'SUM
Santri Pondok Modern Selamat Kendal mengikuti setoran tahfidz Al Quran, Senin (22/3/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Pengurus Yayasan Pondok Modern Selamat (PMS) Kendal bersiap menyambut Ramadhan tahun ini dengan mengintensifkan kegiatan keagamaan. Semua santri berjumlah 1.400-an orang dibimbing agar lebih rajin ketika mengaji Al Quran, hafalan Quran, setoran tahfidz, hingga kegiatan keagamaan lainnya.

Seorang Santri, Hani Sukma Zahrani mengatakan, ada semangat sendiri yang dirasakannya sebelum memasuki Ramadhan kali ini. Khususnya dalam menghafal ayat demi ayat Al Quran setiap hari.

"Kalau dari pondok, ditarget bisa hafal setengah juz dalam sebulan. Biasanya setoran akhir bulan, fokus hafalannya setiap hari dengan target setengah hingga 1 halaman," terangnya usai mengikuti setoran tahfidz, Senin (22/3/2021).

Santri lain, Diah F Ashanti mengatakan, Ramadhan tahun ini bakal terasa lebih spesial karena dalam suasana pandemi Covid-19.

Dengan itu, ia mengaku termotivasi lebih untuk menambah target hafalan dari pada hari-hari biasa. 

Untuk mewujudkannya, Diah mulai menambah jadwal hafalan setiap harinya.

Dari memanfaatkan waktu luang setiap pagi dan malam, ia juga mulai menambah jadwal tadarus saat siang hari. Tepatnya setelah kegiatan sekolah selesai. 

"Biasanya setelah Dhuhur dibuat istirahat. Karena tidak ada kegiatan, saya coba isi dengan menambah hafalan. Di tambah pagi hari sebelum kegiatan sekolah, dan malam hari selepas isya," ujarnya.

Guru Agama di PMS, Agung Maula Rois mengatakan, menjelang Ramadhan ini, santri-santrinya ditarget hafalan sesuai kelas masing-masing. Meski tidak menargetkan secara real, ia yakin banyak santri baik SMP maupun SMA bisa menambah hafalan satu juz dalam sebulan.

Bagi santri tahfidz kategori pemula, ia harap intensitas hafalannya ditingkatkan terus dari surat-surat pendek hingga surat-surat pilihan.

Beberapa kegiatan keagamaan seperti simaan Al Quran juga bakal ditingkatkan untuk merangkul para santri lebih aktif menuntut ilmu selama Ramadhan nanti. 

"Kegiatan setoran tahfid seperti biasa setiap hari ada, ditambah tahsin untuk perbaikan bacaan. Pagi tahfid, siang dan malam tadarus. Ya nanti kita harapakan tadarus one day one juz setiap santri," terangnya.

Meski begitu, ia memastikan bahwa semua kegiatan di dalam Pondok Modern Selamat tetap mematuhi protokol kesehatan. Seperti memakai masker, cuci tangan sebelum kegiatan, dan menjaga jarak. 

"Kegiatan pembelajaran tetap berjalan, karena yayasan sudah mengatur batasan-batasannya untuk menghindari penyebaran Covid-19," tuturnya. (*)

Penulis: Saiful Ma'sum
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved