Breaking News:

Berita Tegal

Tindak Lanjut Pembangunan KPL Pupuk di Desa Sangkanjaya Tegal, Toto: Masih Dalam Proses

Tindaklanjut pembangunan Kios Pengecer Lengkap (KPL) pupuk di Desa Sangkanjaya, masih dalam proses.

Tribun Jateng/Desta Leila Kartika
Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (TanKP) Kabupaten Tegal, Toto Subandriyo, saat ditemui Tribunjateng.com, Rabu (24/3/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Tindaklanjut pembangunan Kios Pengecer Lengkap (KPL) pupuk di Desa Sangkanjaya, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal sampai saat ini masih dalam proses. 

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (TanKP) Kabupaten Tegal, Toto Subandriyo, saat ditemui Tribunjateng.com, Rabu (24/3/2021). 

Adapun pembangunan Kios Pengecer Lengkap (KPL) pupuk ini merupakan keinginan para petani di Desa Sangkanjaya, karena selama ini mereka merasa kesulitan untuk menjangkau Kios KPL yang jaraknya terlalu jauh. Sehingga menyulitkan warga dan juga menambah biaya untuk ojek dan lain sebagainya. 

Ditanya mengenai progres sejauh ini, Toto mengungkapkan, Kios Pengecer Lengkap (KPL) pupuk di Desa Sangkanjaya harusnya dalam proses pembangunan. 

Namun untuk sudah mulai droping pupuk atau belum, Toto menuturkan  tidak tahu pasti karena belum ada laporan masuk. 

"Seperti yang sudah saya sampaikan saat diskusi beberapa waktu lalu dengan perwakilan petani Desa Sangkanjaya dan distributor pupuk PT. Petrosida Gresik, dari Dinas tidak ada masalah dan mendukung terpenting memenuhi unsur 6 Tepat. Tapi memang dari distributor ada pertimbangan khusus karena akses untuk menuju desa yang sulit dijangkau," ungkap Toto. 

Sementara itu, yang dimaksud 6 Tepat yaitu tepat harga, tepat tempat, tepat mutu, tepat waktu, tepat jumlah, dan tepat kualitas. 

Adapun dari distributor pupuk PT. Petrosida Gresik karena menilai volume terlalu kecil sehingga ada pertimbangan khusus.  Akhirnya disepakati ada semacam tempat transit sebelum jembatan Desa Sangkanjaya. 

"Nantinya KPL ini ya hanya melayani petani di desa Sangkanjaya saja. Karena kan selama ini mereka kalau mau beli pupuk harus ke desa Danawarih dulu, ya caranya seperti biasa menggunakan kartu tani. Nanti kalau ada informasi lanjutan akan saya kabari lagi, tapi intinya sudah dalam proses," terangnya. 

Seperti yang sudah diberitakan beberapa waktu lalu, keluhan para petani Desa Sangkanjaya, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal yang menginginkan Kios Pengecer Lengkap (KPL) pupuk dibangun di desanya menemui titik terang. 

Halaman
123
Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved