Breaking News:

Berita Batang

Duta Genre Diminta Ikut Tekan Angka Pernikahan Dini di Batang

Terpilihnya Duta Generasi Berencana (Genre) Kabupaten Batang diminta untuk ikut membantu menekan angka pernikahan dini

Istimewa
DP3AP2KB melakukan pendampingan dan persiapan menuju Pemilihan Duta Genre Jawa Tengah, di Jalan RE. Marthadinata, Kabupaten Batang, Rabu (24/3/2021). 

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Terpilihnya Duta Generasi Berencana (Genre) Kabupaten Batang diminta untuk ikut membantu menekan angka pernikahan dini.

Setelah dinobatkan Duta Genre Kabupaten Batang, Sidik Prasetyo dan Ervina Ristiana mengemban tugas untuk mengupayakan para remaja, memiliki usia yang lebih dewasa ketika akan memasuki jenjang pernikahan.

Kepala Seksi Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Batang, Fitria Kartika Sari mengatakan mereka yang telah terpilih sebagai Duta Genre harus merealisasikan program kerja yang nyata.

Diantaranya terbebasnya remaja dari perilaku seks bebas, penyalahgunaan narkoba dan mampu melaksanakan pendewasaan usia pernikahan.

“Sangat tepat tugas dari Duta Genre untuk menekan angka pernikahan dini di masa pandemi Covid-19, mereka harus menyosialisasikan kepada teman-temannya, bahwa untuk perempuan harus berusia 21 tahun dan laki-laki berusia 25 tahun ketika ingin menikah, disertai alasan dampak menikah di usia muda,” tutur Fitria Kartika Sari usai menggelar pendampingan dan persiapan menuju Pemilihan Duta Genre Jawa Tengah, di Jalan RE. Marthadinata, Kabupaten Batang, Rabu (24/3/2021).

Dijelaskannya, seorang Duta Genre harus mampu memberikan pemahaman tentang pemdewasaan usia pernikahan dari aspek sosial, ekonomi, kesehatan dan keterampilan hidup.

Ia mengapresiasi ide mereka dalam menyosialisasikan program-program kerja Duta Genre, dengan inovasi yang kreatif.

“Anak-anak muda itu idenya cemerlang, bahkan ada yang akan menyampaikan dampak negatif, jika remaja berada di lingkungan lokalisasi. Kami akan berupaya untuk mewujudkan rencana mereka dengan dukungan dari berbagai pihak,” jelasnya.

Selain itu, Duta Genre juga berinisiatif untuk mengembangkan keterampilan hidup. 

Remaja di masa pandemi harus berinovasi menyiapkan rencana masa depan, agar menghasilkan pundi-pundi rupiah, memanfaatkan sumber daya alam dan kompetensi diri.

Halaman
12
Penulis: dina indriani
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved