Breaking News:

Jembatan Ambles

Jembatan Kaligintung Tegal Ambles, Mobil Tak Bisa Lewat

Jembatan Kaligintung, Desa Batuagung, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal, alami longsor sehingga ambles dibagian sisi jembatan.

Penulis: Desta Leila Kartika

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Hujan deras yang terjadi pada Rabu (24/3/2021) sore kemarin mengakibatkan jembatan Kaligintung, Desa Batuagung, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal, alami longsor sehingga ambles dibagian sisi jembatan.

Akibat dari kejadian ini, sementara akses jalan tidak bisa dilewati oleh kendaraan mobil karena cukup beresiko.

Meninjau ke lokasi jembatan yang ambles, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal, Jaenal Dasmin mengungkapkan, abodemen rangka baja jembatan longsor karena tergerus air bah dampak hujan kemarin.

Sehingga sebagian abodemen habis tergerus dan pondasi jembatan menggantung.

"Kami mengusahakan untuk langsung melakukan perbaikan atau penanganan darurat agar jembatan aman untuk dilewati oleh pengendara dan warga sekitar," jelas Jaenal, pada Tribunjateng.com, Kamis (25/3/2021).

Jaenal pun menyebut arus lalu lintas berjalan lancar, namun untuk sementara tidak bisa dilalui oleh kendaraan mobil.

Tidak hanya karena faktor cuaca, menurut Jaenal adanya orang yang menggali galian c (tambang tanah, pasir, batu) di sisi kanan dan kiri jembatan juga menjadi pemicu tergerus dan rusaknya jembatan.

"Saya imbau kepada pengendara yang akan melintas untuk hati-hati dan untuk kendaraan mobil sementara tidak bisa melintas terlebih dahulu," imbaunya.

Sementara itu, Kades Batuagung Bambang Purwanto menambahkan, jembatan Kaligintung memang sudah lebih dari sebulan terakhir mengalami kerusakan parah karena tergerus banjir dan Rabu sore kemarin bertambah parah.

Imbansya, baik kendaraan mobil pribadi dan mobil besar tidak bisa lewat sama sekali. Sehingga jalan sementara ditutup untuk perbaikan. 

Namun untuk kendaraan sepeda motor masih bisa melewati jalan tersebut. 

"Dari dinas terkait sudah ada yang memantau ke lokasi, tapi untuk perbaikannya kapan terlaksana belum tau pastinya. Maka saya berharap semoga perbaikan bisa segera dilakukan, karena jembatan ini sangat penting karena akses untuk warga beraktivitas. Seperti warga Desa Batuagung maupun Desa Cenggini," terang Bambang.

(*)

Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: Daniel Ari Purnomo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved